Prakerja Gelombang 20 Dibuka! Kuota 800 Ribu Peserta, Simak Cara Daftarnya

limapagi.id | Ekonomi | Published at 09/09/2021 12:09
Prakerja Gelombang 20 Dibuka! Kuota 800 Ribu Peserta, Simak Cara Daftarnya

LIMAPAGI - Pendaftaran untuk peserta Kartu Prakerja gelombang 20 per siang ini, Kamis, 9 September 2021 sudah dibuka.

Dikutip dari akun instagram resmi Prakerja, prakerja.go.id, peminat diimbau untuk membuat akun lewat situs www.prakerja.go.id mengikuti seleksi Kartu Prakerja.

Pembukaan gelombang akan berlangsung beberapa hari, jadi tidak perlu buru-buru. Isi data diri dengan benar, tulis pengumuman tersebut, dikutip Kamis, 9 September 2021.

Setelah membuat akun yang telah diverifikasi, calon peserta mesti mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  • Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK
  • Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar
  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  • Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka
  • Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS
  • Pihak Prakerja menegaskan proses seleksi tidak berdasarkan siapa yang mendaftar pertama. Untuk mendapatkan informasi lengkap, calon peserta bisa mengaksesnya di www.prakerja.go.id/tanya-jawab

    Mari tumbuhkan rasa kesetiakawanan dengan memberi kesempatan bagi mereka yang lebih membutuhkan untuk mengikuti Program Kartu Prakerja. Beri prioritas bagi mereka yang terdampak pandemi, yang kehilangan pekerjaan dan kesulitan. Beri tahu mereka, dampingi mereka, tulis pengumuman tersebut.

    Untuk diketahui, secara nasional Kartu Prakerja telah menerima sebanyak 10.081.935 orang dari Gelombang 1-19, dari pendaftar sejumlah 69.311.037 orang.

    Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut jumlah penerima Kartu Prakerja sepanjang semester I 2021 mencapai 2.772.880 orang.

    "Semester kedua ini dimulai dengan batch 18 dan ditargetkan untuk 3,1 juta dan mendapatkan tambahan anggaran sebanyak Rp1,2 triliun, tutur Airlangga.

    Dalam implementasinya, jika peserta berhasil masuk dalam program Kartu Prakerja ini, akan mendapatkan bantuan senilai Rp3,55 juta.

    Nilai tersebut mencakup bantuan pelatihan Rp1 juta, insentif pasca pelatihan selama 4 bulan masing-masing sebesar Rp600 ribu, dan insentif survei Rp50.000 yang diberikan sebanyak tiga kali.

    Bila peserta tak memilih program pelatihan dalam jangka waktu 35 hari, maka akan dicabut kepersertaannya.

    Artikel Asli