Apa Aman Pakai Hidrogen Peroksida untuk Putihkan Gigi?

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 09/09/2021 11:58
Apa Aman Pakai Hidrogen Peroksida untuk Putihkan Gigi?

Pendiri Dentologie di Amerika Serikat, Dr Suhail Mohiuddin, tak mendukung berkumur dengan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi. Ia menjelaskan, hidrogen peroksida dapat menyebabkan nekrosis jaringan dan peradangan kronis pada gusi jika digunakan secara rutin.

Mohiuddin memberikan penjelasan tersebut sebagai respons atas video TikTok yang memperlihatkan berkumur dengan hidrogen peroksida langsung dari botolnya. Singkatnya, penggunaan hidrogen peroksida bisa membuat gusi nyeri kemerahan atau kematian jaringan dalam mulut.

Ortodontis Beam St, Dr. Heather Kunen, mengatakan, hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang kuat. Bahan pemutih ini memiliki kapasitas untuk melepaskan garam kalsium dari email gigi jika digunakan terlalu sering atau tidak tepat.

"Jika penggunaannya tidak berlebihan dan sesuai dengan petunjuk produk yang diberikan, hidrogen peroksida aman dan efektif digunakan untuk memutihkan gigi," ucap Dr. Kunen.

Dr. Salierno dan Dr. Kunen merekomendasikan kit pemutih di rumah demi mendapatkan jumlah hidrogen peroksida yang aman dan efektif untuk memutihkan gigi. Selain itu, mereka juga menganjurkan pergi ke dokter gigi untuk hasil yang lebih baik.

"Dokter gigi dapat menilai penyebab dan tingkat keparahan pewarnaan atau perubahan warna gigi. Pasien akan diberi tahu metode terbaik. Beberapa orang hanya membutuhkan pembersihan yang baik dan gigi mereka akan terlihat lebih putih, ujar Dr. Salierno.

Artikel Asli