IKEA Sewa Kapal Kargo Pribadi, Mau Rambah Bisnis Logistik?

limapagi.id | Ekonomi | Published at 09/09/2021 10:30
IKEA Sewa Kapal Kargo Pribadi, Mau Rambah Bisnis Logistik?

LIMAPAGI - Perusahaan furniture asal Swedia, IKEA, berencana menyewa kapal kargo secara pribadi untuk mendistribusikan barang ke seluruh gerai di berbagai negara.

Hal ini dilakukan lantaran adanya hambatan distribusi logistik imbas merebaknya pandemi Covid-19.

Upaya itu merupakan langkah penghematan yang dilakukan perseroan. Selama merebaknya pandemi, biaya angkut logistik menggunakan kapal laut maupun pesawat naik lima kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal.

Dampak krisis Covid-19 menyebabkan penundaan luar biasa dalam logistik internasional, belum lagi penundaan substansial lainnya. Ini bukan hanya tentang waktu tetapi juga tentang uang, ujar keterangan resmi perusahaan dilansir dari retaildetail.eu, Kamis 9 September 2021.

Perseroan menyebut merebaknya wabah berdampak pula pada perubahan perilaku konsumen. Saat ini sebagian besar konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak uang melakukan perjalanan.

Mereka cenderung berbelanja secara online, sehingga transportasi logistik sangat diperlukan untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Dengan adanya penyewaan kapal kargo, IKEA pun akan melakukan diversifikasi bisnis dengan merambah dunia logistik. Perseroan nantinya akan memberikan layanan logistik dengan rute China dan Eropa.

Kendati demikian, untuk jasa logistik di Eropa, IKEA akan menggunakan moda transportasi darat seperti container dan menyewa kargo kereta api.

Container perusahaan pelayaran menjadi sangat tertunda dan mahal, dan IKEA berharap dapat memecahkan masalah itu dengan membeli container dan mencarter kapal, singkat IKEA.

Artikel Asli