Jarang Menimbulkan Gejala, Mari Mengetahui Soal Tekanan Darah Tinggi

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 09/09/2021 06:13
Jarang Menimbulkan Gejala, Mari Mengetahui Soal Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyakit atau kondisi yang saat ini menghantui masyarakat modern adalah tekanan darah tinggi atau dalam bahasa lain disebut hipertensi. Secara umum penyebab dari tekanan darah tinggi adalah seperti layaknya penyakit lainnya, pola hidup yang tidak sehat. Sebenarnya apa penyakit atau kondisi ini? berikut informasi selengkapnya untuk Anda.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah kondisi umum di mana kekuatan jangka panjang darah terhadap dinding arteri Anda cukup tinggi sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Tekanan darah ditentukan baik oleh jumlah darah yang dipompa jantung Anda dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri Anda. Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempit arteri, semakin tinggi tekanan darah Anda.

Tanpa kontrol kesehatan atas kesadaran iri sendiri, tekanan darah tinggi sulit dideteksi karena sering tidak menimbulkan gejala yang berarti. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Untungnya saat ini pendeteksian tekanan darah sudah mudah didapatkan di berbagai fasilitas kesehatan yang ada. Begitu Anda sadar memiliki tekanan darah tinggi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengendalikannya.

Mengutip laman WHO, diketahui bahwa lebih dari 1 miliyar orang yang tersebar di seluruh belahan dunia menderita tekanan darah tinggi.

Artikel Asli