Bill Gates Ambil Alih Saham Pangeran Alwaleed di Jaringan Hotel Four Seasons

inewsid | Ekonomi | Published at 09/09/2021 06:30
Bill Gates Ambil Alih Saham Pangeran Alwaleed di Jaringan Hotel Four Seasons

RIYADH, iNews.id - Pendiri Microsoft, Bill Gates, dilaporkan mengambil alih saham Pangeran Alwaleed bin Talal di Four Seasons Holding Co, yang merupakan jaringan hotel bertaraf internasional.

Bloomberg melaporkan Cascade Investment LLC, perusahaan milik Bill Gates, membeli 23,75 persen saham Pangeran Alwaleed bin Talal di Four Seasons Holding Co.

Cascade Investment akan menyetor transaksi pembelian saham Four Seasons senilai 2,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp31,389 triliun ke Kingdom Holding Co, perusahaan milik Pangeran Alwaleed bin Talal. Kesepakatan itu diharapkan selesai pada Januari 2022.

Dengan pengambilalihan saham tersebut, Cascade Investment akan menjadi pemilik saham mayoritas Four Seasons dengan presentase sebesar 71,25 persen. Sedangkan Pendiri Four Seasons, Isadore Sharp, tetap mempertahankan kepemilikannya sebesar 5 persen.

Manajemen Kingdom Holding menyatakan hasil dari penjualan saham Pangeran Alwaleed di Four Seasons akan digunakan untuk investasi dan untuk membayar kembali beberapa pinjaman yang belum dibayar.

Bill Gates dan Pangeran Alwaleed memiliki hubungan pertemanan yang dekat selain hubungan bisnis. Saat pemegang saham memutuskan menjadikan Four Seasons sebagai perusahaan publik pada 2007, Bill Gates dan Pangeran Alwaleed sama-sama membeli saham perusahaan perhotelan itu.

Four Seasons mengelola 74 hotel ketika diluncurkan sebagai perusahaan publik pada 2007. Saat ini, Four Seasons mengoperasikan 121 hotel dan properti di 47 negara, dengan lebih dari 50 proyek dalam proses.

Artikel Asli