Bisnis Rumah Sakit Moncer di Tengah Covid, Pria India Debut Jadi Miliarder Baru Dunia!

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Rabu, 01 September 2021 - 09:00
Bisnis Rumah Sakit Moncer di Tengah Covid, Pria India Debut Jadi Miliarder Baru Dunia!

Bisnis kesehatan di tengah pandemi Covid-19 memang sangat menguntungkan. Terbukti, pengusaha di bidang layanan kesehatan India ini membuat ketua dan direktur pelaksana Max Healthcare Institute menjadi miliarder baru dunia. Ialah Abhay Soi yang baru berusia 48 tahun.

Max telah berada di garis depan pengobatan, pengujian, dan vaksinasi Covid-19 di India. Saham Max melonjak 163% pada tahun lalu, meningkatkan kekayaan Abhay Soi lebih dair 23% menjadi lebih dari USD1,1 miliar (Rp15,6 triliun).

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Rabu (1/9/21), Max yang berkantor pusat di New Delhi mempekerjakan lebih dari 3.000 dokter di 17 fasilitas kesehatan termasuk 14 rumah sakit di Delhi, Mumbai, Mohali, Bathinda, dan Dehradun.

Max Healthcare Institue adalah jaringan rumah sakit terbesar kedua di India, setelah Rumah Sakit Apollo Chennai yang didirikan oleh dokter miliarder Prathap reddy.

|Saya percaya sektor perawatan kesehatan telah memasuki masa keemasannya dan mengingat status hampir bebas utang dan arus kas yang kuat dari Max Healthcare, kami berada pada posisi yang sangat baik untuk memanfaatkan hal yang sama. Saya memperkirakan pertumbuhan berlipat ganda di tahun-tahun mendatang," kata Sol.

Perusahaan jasa keuangan Mumbai HDFC Securities memprediksi pertumbuhan Ebitda tahunan gabungan Max akan mencapai sebesar 29% selama lima tahun ke depan karena neraca dan arus kas yang kuat.

Rantai rumah sakit ini telah merawat 35.000 pasien Covid-19; melakukan 650.000 tes RT PCR dan memberikan 1,5 juta vaksin di 15 kota besar dan kecil di India.

Abhay Soi merupakan pemilik gelar sarjana dari St Stephens' College elit dan MBA dari European University di Belgia. Ia memulai kariernya sebagai profesional restrukturisasi dengan perusahaan konsultan, Arthur Andersen di Mumbai.

Soi kemudian pindah ke tim restrukturisasi di EY dan KPMG. Pada 2010, kariernya menanjak. Saat sedang mengerjakan restrukturisasi Rumah Sakit BL Kapur di Delhi, seorang klien menyatakan keinginannya untuk keluar.

Soi pun kemudian membeli perusahaan operasi rumah sakit dalam pembelian langsung setelah mengumpulkan dana dari JP Morgan.

Dengan keahlian dalam restrukturisasi, ia mampu membangun kembali rumah sakit dan akhirnya melunasi utangnya. Pada 2014, Soi mengambil alih Rumah Sakit Nanavati yang sedang berjuang di pinggiran kota Mumbai, yang berhasil hidup kembali.

Tahun lalu, di tengah pergolakan pandemi, Soi memperkuat merger tonggak sejarah antara Radiant dan Max Healthcare dalam kesepakatan multi-tingkat dengan dukungan perusahaan ekuitas swasta KKR.

Merger ini merupakan bagian dari rencana 2018 Max Group yang berbasis di Delhi untuk menggabungkan bisnis rumah sakitnya dengan Radiant Perawatan Hidup. Max Healthcare didirikan pada tahun 2001 oleh miliarder Analjit Singh yang telah keluar dari bisnis itu.

Dengan status miliardernya ini, Soi tidak terpengaruh. Ia justru akan menggunakan itu sebagai kesempatan dan kebebasan untuk menggunakan sumber daya berkontribusi pada masyarakat yang kurang mampu. Dia juga mendirikan yayasan keluarga Soi bersama istrinya Taruna untuk fokus pada perawatan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

Artikel Asli