Mengenal 10 Sajian Nasi Khas Indonesia yang Menggugah Selera

wartaekonomi | Ekonomi | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 07:10
Mengenal 10 Sajian Nasi Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Indonesia disebut sebagai surganya kuliner yang lezat. Nasi adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki variasi beragam. Masing-masing sajian nasi tersebut berasal dari berbagai daerah. Berikut beberapa sajian nasi khas Indonesia yang dijamin menggugah selera.

1. Nasi Kuning

Siapa yang tak kenal hidangan khas Indonesia satu ini? Nasi kuning dimasak dengan santan dan dibumbui kunyit, serai, dan daun jeruk purut.

Nasi khas Indonesia ini disajikan dengan berbagai lauk pelengkap, di antaranya orek tempe, telur balado, suwiran daging ayam, teri goreng, dan sambal goreng ati. Namun lauk pelengkap nasi kuning bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Nasi kuning yang biasa disajikan untuk momen spesial seperti ulang tahun. Nasi kuning juga banyak dijajakan sebagai santapan di pagi hari yang banyak diburu orang.

2. Nasi Uduk

Salah satu kuliner khas Betawi yang terkenal adalan nasi uduk. Nasi sebagai komponen utama dimasak dengan santan bersama serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. Nasi uduk memilki tekstur yang lembut dan aromanya harum.

Hidangan khas Indonesia ini disajikan bersama lauk yang lezat. Mulai dari daging, bihun, tempe, tahu, teri goreng, sambal kacang, dan kerupuk.

3. Nasi Balap Puyung

Selain ayam taliwang, nasi balap puyung adalah kuliner khas Lombok yang terkenal akan cita rasa gurihnya. Destinasi wisata kuliner Lombok ini dapat kamu temui hampir di seluruh penjuru Pulau Lombok.

Satu porsi nasi balap puyung terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan aneka lauk pauk. Mulai dari suwiran daging ayam bumbu, kacang, kedelai goreng, cabai kering khas Lombok, oseng buncis, telur, dan kering kentang.

4. Nasi Goreng

Nasi khas Indonesia satu ini memiliki beragam kreasi yang telah mendunia. Namun nasi goreng memiliki cita rasa lokal yang kuat, seperti nasi goreng kampung dan nasi goreng petai.

Resep nasi goreng yang praktis dan mudah membuat banyak orang memilih untuk menyantapnya. Nasi goreng biasanya disantap sebagai menu sarapan dan makan malam.

5. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah hidangan tradisional khas Solo, Jawa Tengah. Nasi dimasak dengan santan, kaldu atam, dan ditambah dengan berbagau bumbu seperti daun salam dan serai. Lauk pelengkap nasi liwet terdiri dari suwiran ayam, telur dadar, teri, cabai, dan aneka sayuran.

Nasi liwet disajikan bersama ayam yang dimasak dengan santan, telur pindang (telur yang direbus bersama kulit bawang merah dan kecap), dan tempe.

6. Nasi Megono

Sajian nasi khas kawasan Pantai Utara Jawa Tengah ini disebut sebagai nasi megono. Nasi megono terdiri dari cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu lain. Nasi liwet dapat ditambah dengan aneka lauk seperti mendoan.

7. Nasi Langgi

Nasi langgi biasa ditemui di Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang. Nasi dimasak dengan santan, aneka rempah, dan asam jawa. Nasi langgi disantap bersama aneka lauk, mulai dari telur dadar, bistik, serundeng, dan kering kentang. Adapula mentimun sebagai lalapannya.

8. Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah kuliner khas Cirebon yang dibungkus dengan daun jati. Penyajian nasi jamblang biasanya secara prasmanan dengan berbagai lauk pauk. Jenis lauk yang disajikan mulai dari semur daging, ikan asin, sambal goreng, dan tahu tempe.

9. Nasi Tutug Oncom

Seperti namanya, nasi tutug oncom berasal dari makanan fermentasi dari campuran kapang, ampas tahu, ampas kedelai, bungkil kacang tanah, dan ampas kelapa. Nasi tutug oncom mudah ditemukan di kota-kota Jawa Barat. Rasa gurih oncom menambah cita rasa masakan ini.

10. Nasi Krawu

Nasi krawu bisa menjadi pilihan santapan menu di pagi hari. Kreasi nasi khas Gresik ini terdiri nasi yang dilengkapi dengan potongan daging sapi berbumbu, serundeng kelapa, dan aneka lauk. Potongan daging sapi disuwir terlebih dahulu untuk menambah kenikmatan.

Itulah beberapa hidangan khas Indonesia yang disajikan dalam berbagai macam kreasi yang lezat.

Artikel Asli