5+ Payroll Software Terbaik untuk Pengelolaan Gaji Karyawan

rakyatku | Ekonomi | Published at 16/08/2021 09:02
5+ Payroll Software Terbaik untuk Pengelolaan Gaji Karyawan

RAKYATKU.COM - Payroll software merupakan perangkat lunak terbaru yang dirancang khusus untuk membantu Anda dalam proses penggajian karyawan. Aplikasi payroll ini bisa digunakan untuk mengelola slip gaji, memeriksa absensi harian, maupun hal lain yang berkaitan dengan kinerja karyawan. Cara kerja dari aplikasi ini cukup cepat dan efisien sehingga bisa menghemat waktu Anda.

Aplikasi payroll saat ini sudah tersedia dalam jumlah yang cukup banyak sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun, perlu diketahui bahwa, Anda harus memilih aplikasi terbaik yang sistem payroll-nya sesuai dengan sistem yang berlaku di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah proses penyesuaian sistem.

Selain mengatur gaji pokok, payroll software juga bisa digunakan untuk mengatur upah lain yang didapatkan karyawan, seperti THR. Jika karyawan bekerja lembur, maka aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengatur penerimaan upah lembur. Pihak pengelola keuangan perusahaan bisa sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Komponen yang Harus Ada pada Payroll Software Terbaik
Sebelum memutuskan untuk menggunakan software penggajian, Anda harus mencari banyak informasi seputar aplikasi yang akan dipakai. Saat ini, sudah banyak aplikasi atau software penggajian yang bisa Anda temukan. Nah, untuk menemukan yang terbaik, biasanya ada beberapa komponen yang tersedia pada aplikasi terbaik. Berikut ulasan lengkapnya:

Terhubung dengan Software Akuntansi
Karena masih berkaitan dengan hal keuangan, maka ada baiknya jika software yang dipilih bisa terhubung dengan software akuntansi. Hal ini dilakukan supaya segala perhitungan untuk penggajian karyawan bisa lebih mudah dimasukan dalam laporan keuangan. Dengan begitu, proses pembuatan laporan keuangan yang dilakukan jadi lebih mudah.

Sistem Keamanan Baik
Karena payroll software tersebut nantinya mengolah data gaji karyawan di perusahaan, maka aplikasi tersebut harus dijamin aman. Aplikasi haruslah aman untuk menjaga keamanan data perusahaan, khususnya data keuangan. Anda bisa memilih aplikasi yang aksesnya bisa dibatasi ataupun yang menggunakan sistem Cloud.

Memiliki Sistem Absensi
Jumlah gaji yang diberikan tentu disesuaikan dengan frekuensi kehadiran karyawan. untuk itu, agar gaji yang diberikan bisa sesuai, maka aplikasi harus memiliki sistem absensi. Komponen ini bertujuan untuk melacak waktu karyawan saat bekerja, cuti, ataupun libur. Dengan begitu, gaji yang diberikan bisa sesuai dengan kinerja karyawan.

Bisa Dikostumisasi Sesuai Kebutuhan
Setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan masing-masing. Maka, sebaiknya sistem aplikasi yang dipilih bisa disesuaikan dengan aturan yang ada di perusahaan. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih payroll software terbaik yang sistemnya bisa disesuaikan dengan keterbaruan regulasi pemerintah.

Memiliki Fitur Manajemen Pajak
Perhitungan gaji karyawan tentu memiliki komponen pajak, seperti pajak penghasilan. untuk memudahkan pembuatan laporan, maka setiap aplikasi yang bagus digunakan harus memiliki fitur manajemen pajak keuangan. Adanya fitur manajemen bisa mempermudah kewajiban Anda saat membayarkan pajak tersebut.

Memudahkan Penyimpanan Laporan
Selain aman, aplikasi penggajian terbaik bisa mempermudah penyimpanan laporan keuangan. Pilihlah aplikasi yang mampu menyimpan laporan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot saat menyimpan laporan. Aplikasi dengan sistem Cloud menjadi aplikasi yang bisa digunakan, karena bisa menyimpan laporan otomatis ke perangkat Anda.

Payroll Software Terbaik yang Sesuai Sistem Payroll Indonesia
Setelah mengetahui kriteria yang harus ada pada aplikasi penggajian terbaik, maka Anda sudah bisa untuk mulai memilih. Dari sekian banyak aplikasi penggajian, Anda bisa memilih aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone dan PC. Berikut rekomendasi software payroll terbaik yang bisa digunakan.

1. Talenta by Mekari
Payroll software Talenta by Mekari memberikan kemudahan dalam proses penggajian karyawan yang dapat dilakukan secara efektif. Baik itu dalam urusan waktu maupun biaya, software yang kredibel satu ini memberikan segala proses kegiatan menjadi lebih mudah. Karena sistem ini telah terintegrasi, maka dalam proses penggajian karyawan dapat didesain secara komprehensif terpadu.

Perihal administrasi juga akan cenderung lebih dimudahkan dikarenakan komponen penggajian tidak terpisah. Dengan menghadirkan berbagai macam fitur layanan yang mendukung kegiatan penggajian, payroll software ini dapat menyusun serta menyimpan data karyawan menjadi lebih rapi.

Data-data yang diberikan akan digunakan sebagai bentuk perhitungan gaji, sehingga nominal yang dihasilkan nantinya akan sesuai dengan perhitungan yang telah ditetapkan. Hal ini akan memberikan jaminan akan keakuratan perhitungan gaji yang akan diberikan oleh seluruh karyawan.

Selain itu, Talenta by Mekari juga telah menggunakan sistem yang otomatis bisa memberikan hasil secara langsung untuk memberikan informasi seputar karyawan. Hal ini misalnya dengan mengetahui jadwal masuk serta jadwal kerja karyawan, arsip dokumen perusahaan dan yang lain sebagainya.

2. HR.my
Payroll software HR.my menawarkan kemudahan sistem payroll penggajian oleh perusahaan kepada karyawan. Tersedianya fitur otomatis penggajian berulang membuat kegiatan tersebut dapat diselenggarakan secara cepat. Kendati berulang, tentu komponen gaji akan diperhitungkan secara seksama. Yang mana juga meliputi absensi kehadiran karyawan serta aspek-aspek lainnya terkait.

Dilengkapi oleh lapis keamanan yang terpercaya, membuat Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Justru melalui pemanfaatan platform HR.my memungkinkan terciptanya efektivitas mekanisme penggajian.

Di sini, ada pula berbagai fitur lain terkait yang juga bermanfaat. Dengan begitu, nantinya dapat mendukung kegiatan penggajian bulanan. Tidak lagi menggunakan basis manual yang cenderung memakan waktu lama, perhitungan terhadap gaji pun dilangsungkan secara otomatis melalui sistem digital.

Sehingga, kemungkinan human error dalam perhitungan gaji karyawan dapat diminimalisir. Hak karyawan untuk menerima gaji pun dapat tercover sempurna tanpa ada yang dirugikan lantaran perhitungan yang salah.

3. OpenMiracle
Payroll software OpenMiracle adalah perangkat lunak yang didesain untuk memenuhi kebutuhan sistem penggajian yang praktis pada bisnis. Sebagaimana diketahui, kegiatan penggajian karyawan merupakan hal yang krusial.

Sebab, gaji menjadi hak karyawan yang harus dipenuhi oleh pihak pemberi kerja sesuai perjanjian. Kesalahan perhitungan gaji sebagai upah karyawan, membuat tidak terwujudnya hak karyawan secara penuh. Perhitungan secara manual masih membuka kemungkinan terjadi human error yang berimplikasi pada kesalahan jumlah.

Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi setelah adanya software payroll penggajian yang kredibel. Termasuk di dalamnya eksistensi platform OpenMiracle. Layaknya miracle bagi perusahaan, akses secara gratis terhadap software dapat mendukung efisiensi anggaran.

Bersama tampilan yang mudah, mendorong pengoperasian dapat dilakukan dengan segera. Fitur-fitur yang tersedia pun fleksibel dengan sifat friendly yang pastinya membuat para user semakin nyaman. Pada satu sistem terpadu, membuat aktivitas penggajian sangat mungkin dilangsungkan secara terstruktur.

4. Wave
Payroll software Wave hadir sebagai sahabat pengelolaan finansial terbaik untuk bisnis. Para pelaku usaha, dapat memaksimalkan eksistensi platform ini guna merealisasikan sistem keuangan perusahaan yang terpadu.

Tersedia dua versi dalam software ini, yakni versi gratis serta yang berbayar. Manakala ingin memperoleh fitur lengkap dengan pemakaian secara leluasa, maka paket premium adalah jawabannya. Dengan harga yang friendly, akan sebanding seperti manfaat yang bisa didapatkan. Ada pula pilihan paket yang dapat dijadikan opsi.

Berbasis cloud, penggunaan software sama sekali tidak memerlukan prosedur berbelit-belit. Pengoperasian yang mudah membuat siapapun bisa memanfaatkannya secara maksimal tanpa terkecuali.

Anda akan diminta untuk sign up melaksanakan registrasi pendaftaran jika belum pernah memiliki akun di software Wave sebelumnya. Namun, apabila sudah pernah login dan mempunyai akun, bisa langsung saja login tanpa lama.

Usai berhasil masuk, nantinya akan dijumpai aneka fitur menarik yang bermanfaat bagi manajemen finansial bisnis Anda. Melalui kestabilan koneksi internet, akses terhadap software akan berjalan secara lancar.

Mengingat kapasitas platform yang cenderung kecil, software ini kurang tepat manakala diaplikasikan untuk bisnis berskala besar. Kendati demikian, pada lingkup bisnis kecil, performa dari HRTrack tidak perlu diragukan.

Senada dengan nama yang diusut, software payroll penggajian gratis ini memiliki fungsi sebagai aplikasi guna memantau kegiatan karyawan secara komprehensif. Mulai dari pelatihan, penggajian, performa, hingga bonus yang diperoleh karyawan bisa dilakukan secara terpadu di sini.

Terintegrasi dengan kalender Microsoft Outlook, menjadikan performa software ini semakin bisa diandalkan. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa software ini masih berjalan dengan struktur berupa konstruksi desktop. Sehingga, belum dapat diakses perangkat mobile. Berangkat dari kondisinya ini, eksistensi HRTrack sangat pas utamanya bagi para user Microsoft Outlook.

6. OnPay
Payroll software OnPay menyuguhkan layanan fitur super komplit yang siap membantu Anda mengelola keuangan bisnis. Penggajian para karyawan dapat diselesaikan dalam hitungan menit cukup melalui software satu ini. Tersedia pula pembayaran pajak secara otomatis yang menjadikan Anda tidak perlu repot.

Pada software OnPay, tersedia masa trial selama satu bulan penuh. Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal guna mengetahui bagaimana seluk beluk platform. Manakala dirasa tepat seperti yang dicari, maka bisa langsung membeli paket premium usai masa trial berhasil.

Ada banyak fitur lengkap yang dapat membantu Anda melangsungkan manajemen keuangan perusahaan secara praktis. Berbasis online, akses terhadapnya tidak terbatas waktu.

Dalam artian, Anda dapat mengaksesnya kapanpun juga. Terkait keamanan data, tidak perlu diragukan lantaran sudah dilingkupi oleh sistem keamanan mutakhir. Sehingga, Anda dapat menggunakannya secara tenang sekaligus nyaman.

Software payroll umumnya tersedia dengan pilihan harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat biaya operasional. Selain itu, pengoperasiannya pun bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone maupun PC secara online. Hanya dengan koneksi internet, semua hal terkait penggajian karyawan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Di zaman ini, Anda bisa memilih aplikasi penggajian untuk membantu Anda dalam mengurus penggajian karyawan. Itulah ulasan seputar hal yang harus diperhatikan dan rekomendasi payroll software terbaik, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Artikel Asli