Bank MNC Incar Dana Rp4,5 Triliun dari Rights Issue

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 16/08/2021 19:45
Bank MNC Incar Dana Rp4,5 Triliun dari Rights Issue

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) bersiap melakukan penguatan modal dengan skema Penawaran Umum Terbatas VIII (PUT VIII) dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias rights issuepada 9 September 2021.

Rencananya, BABP akan merilis sebanyak 14,23 miliar saham. Atau sebanyak-banyaknya sejumlah 33,33% dari modal disetor setelah terlaksananya rights issue. Chief Operating Officer PT MNC Bank Internasional Tbk Teddy Tee menjelaskan, target dana dalam rights issue ini yakni sebesar Rp4 triliun hingga Rp4,5 triliun.

"MNC Bank memiliki ekosistem digital terkuat di tanah air. Semua target BABP lebih optimal jika didukung pendanaan kuat. Oleh karena itu, MNC Bank akan menerbitkan HMETD," kata dia di Jakarta, kemarin.

Teddy menambahkan seluruh dana tambahan itu akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan. Selain itu untuk memperluas kapasitas pinjaman MNC Bank dan akuisisi nasabah secara digital.

Hal ini dalam mendukung pertumbuhan bisnis perseroan serta pengembangan MotionBanking sebagai aplikasi perbankan digital paling terintegrasi termasuk pengembangan Credit Scoring berbasiskan AI dan pengintegrasian MotionPay serta kartu kredit virtual (Visa dan Mastercard), MotionWallet, MotionInsurance, MotionTrade, MotionCredit dan aplikasi fintech terkait lainnya yang dimiliki MNC Group maupun pihak eksternal.

Jika dibandingkan dengan bank-bank lain, rights issue BABP sangat menjanjikan, karena harga saham masih lebih murah dibandingkan dengan bank digital lain, sehingga masih memiliki potensi besar untuk naik, pungkasnya.

Artikel Asli