BNI Segera Buka Cabang di LA dan Amsterdam

republika | Ekonomi | Published at 16/08/2021 14:07
BNI Segera Buka Cabang di LA dan Amsterdam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk akan membuka kantor cabang luar negeri baru di Los Angeles, Amerika Serikat dan Amsterdam, Belanda. Direktur Treasury dan International BNI, Henry Panjaitan menyampaikan bisnis luar negeri merupakan salah satu bisnis yang serius digarap tahun ini.

"Di semester kedua ini kami sedang memproses usulan ke regulator OJK dan setempat untuk kantor di Los Angeles dan Amsterdam, jika memperoleh izin, semoga di tahun depan semester I 2022 kita akan punya office baru," katanya dalam Paparan Kinerja Semester I 2021 BNI, Senin (16/8) yang digelar virtual.

Menurutnya, prinsip pengembangan bisnis internasional merujuk pada pengembangan bersama dengan bisnis yang ada. Selama ini, BNI banyak membantu korporasi besar yang sudah go global . Salah satu strategi untuk menambah fungsi dan peran bisnis internasional adalah dengan menambah jumlah cabang atau kantor.

Hal tersebut dilakukan untuk menambah potensi bisnis, baik dari korporasi maupun UMKM kedepannya. Segmen diaspora juga menjadi target dari pembiayaan di cabang-cabang luar negeri.

"Kami juga sedang mereview pengembangan network di AS, Eropa hanya punya di London, kita akan coba lihat wilayah Eropa lainnya, juga di Timur Tengah," katanya.

Seiring dengan itu, Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal juga menyampaikan BNI mendapatkan amanat dari Kementerian BUMN untuk menjadi bank internasional asal Indonesia yang dapat mendorong pelaku usaha dalam negeri mengakses pasar global. Yakni melalui penguatan peran kantor kantor cabang luar negeri.

"BNI juga menyiapkan sebuah solusi terintegrasi bagi pelaku UMKM dengan membentuk Xpora," katanya.

Xpora dapat dijadikan sebagai sarana bagi UMKM untuk naik kelas tahap demi tahap mulai dari menjadi produktif (Go Productive), lalu sanggup memanfaatkan fasilitas digital (Go Digital), hingga siap untuk menembus pasar internasional (Go Global).

Dengan pola pembinaan yang lengkap tersebut, Xpora diharapkan akan menjadi solusi dari hambatan yang selama ini dialami oleh UMKM yang sedang merintis usaha atau yang sedang memperluas pasar ke luar negeri. Xpora juga disiapkan untuk memberikan solusi keuangan yang terintegrasi, lengkap, dan akan menjadi terobosan unik pertama di Indonesia.

Xpora akan menjadi Orkestrator Ekosistem UMKM yang akan mempertemukan UMKM di dalam negeri dengan calon buyer internasional. BNI menyiapkan Xpora di tujuh kota dengan memaksimalkan lokasi lokasi terbaik di kantor cabang BNI, yaitu di Jakarta, Solo, Bandung, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Artikel Asli