Bukan Jeff Bezos, Bos Louis Vuitton Jadi Orang Terkaya Dunia Berharta Rp2.877 Triliun

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 16/08/2021 11:40
Bukan Jeff Bezos, Bos Louis Vuitton Jadi Orang Terkaya Dunia Berharta Rp2.877 Triliun

Sebagian besar orang terkaya di dunia adalah nama-nama dalam jagat teknologi seperti Jeff Bezos, Elon Musk dan Bill Gates. Namun Bernard Arnault adalah CEO konglomerat merek mewah LVMH. Kini, Arnault telah melampaui mereka semua untuk menjadi orang terkaya No 1 di dunia dan sekarang kekayaan bersih keluarganya telah mencapai kolosal USD200 miliar (Rp2.877 triliun).

Dilansir dari Yahoo Finance di Jakarta, Senin (16/8/21) beginilah cara taipan Prancis ini menjadi orang kedua dalam sejarah yang mencapai tonggak sejarah itu setelah Jeff Bezos.

Arnault adalah wajah di balik LVMH (Louis Vuitton Mot Hennessy), sebuah kerajaan mewah yang menjadi rumah mode yang dihormati seperti Christian Dior, Fendi, dan Givenchy.

Merek lain yang mungkin terkenal termasuk sampanye Dom Prignon, kosmetik Sephora dan Januari lalu, perusahaannya mengakuisisi Tiffany & Co. seharga USD15,8 miliar (Rp227 triliun).

Ayahnya, Jean Arnault, membuat kekayaan itu selama puluhan tahun. Dan Bernard Arnault memulai karirnya dan mengambil alih sebagai presiden perusahaan pada tahun 1979.

Lima tahun kemudian, dia membeli Boussac Saint-Frres, sebuah perusahaan yang asetnya termasuk Christian Dior seharga USD15 juta. Kemudian, pada tahun 1988, ia bermanuver untuk mengambil saham mayoritas di LVMH.

Pada pertengahan tahun 90-an, nilai LVMH telah berlipat ganda 15 kali lipat, dan penjualan serta keuntungan meningkat lima kali lipat.

Daftar miliarder teratas Forbes telah lama diisi oleh nama-nama Amerika, tetapi Arnault berhasil masuk 10 besar pada tahun 2005.

Pada tahun 2018, Arnault beringsut masuk ke dalam lima besar. Setahun kemudian, dia meraih tiga besar dengan kekayaan USD76 miliar.

Bahkan pandemi tidak bisa menjegalnya untuk sampai ke puncak. Penjualan barang mewah telah pulih secara mengejutkan dengan cepat, terutama karena kondisi membaik di China, dan harga saham LVMH terus melonjak.

Pada akhir Mei, saham LVMH naik 0,4% pada jam-jam pertama perdagangan, menambahkan USD600 juta ke kekayaan pribadi Arnault dan menjatuhkan Jeff Bezos dari Amazon.

Arnault dan Bezos telah bertukar tempat beberapa kali, tetapi kini Bezos berada di posisi No. 2 dengan kekayaan bersih "hanya" USD190 miliar (Rp2.737 triliun).

Artikel Asli