Ambil Alih Blok Rokan dari Chevron, Dirut Pertamina Singgung Transisi Energi

Ekonomi | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 17:27
Ambil Alih Blok Rokan dari Chevron, Dirut Pertamina Singgung Transisi Energi

DURI - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) , Nicke Widyawati menegaskan, aspek Health Safety Security Environment (HSSE) sebagai prioritas dalam operasional. Dia juga menjelaskan, perihal visi usaha Pertamina ke depannya kepada pekerja PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) .

"Akan ada transisi energi dari bahan bakar fosil ke arah energi baru dan terbarukan. Oleh karena itu kita harus fokus mengubah operasional kita ke arah yang lebih ramah lingkungan," ucap Nicke saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir ketika berkunjung ke Blok Rokan .

Lebih lanjut Nicke juga menjelaskan, berbagai upaya yang dilakukan Pertamina merespons transisi energi untuk keberlangsungan usaha masa depan Pertamina, termasuk mengintegrasikan kilang-kilang dengan petrochemical.

"Kita akan masuk ke petrochemical yang pertumbuhannya akan meningkat terus. Dalam 5-10 tahun terakhir, pertumbuhannya 3,5 persen akan meningkat ke 5,5 persen per tahun. Jadi kita akan beralih dari fuel ke petrochemical dengan basis minyak yang kita miliki," kata Nicke.

Dalam kunjungan ini, Erick dan rombongan juga meninjau lokasi pembangkit listrik Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) yang kini dioperasikan oleh PT PLN. Pembangkit listrik ini menjadi salah satu andalan dalam memasok listrik dan uap untuk operasional Blok Rokan.

Artikel Asli