Jangan Main-Main! Mal Langgar Aturan Prokes Bakal Ditutup

Ekonomi | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:11
Jangan Main-Main! Mal Langgar Aturan Prokes Bakal Ditutup

JAKARTA - Pemerintah akhirnya mengizinkan membuka pusat perbelanjaan atau mal di tengah PPKM level 4 dengan kapasitas 25%. Selain itu ada beberapa aturan, salah satunya para pengunjung yang ke mal harus menunjukkan kartu vaksin.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, akan memberikan sanksi bagi pengelola pusat perbelanjaan yang melanggar aturan yang diberikan pemerintah. Salah satunya seperti pengunjung yang tidak divaksin masuk ke dalam mal dan tidak menaati protokol kesehatan.

"Ini nama uji coba sanksi sudah disiapkan dan akan disepakati sanksi utama yang mana kalau terjadi sesuatu akan menutup mall tiga hari sudah mereka bersiap," kata Oke dalam video virtual, Rabu (11/8/2021).

Dia menekankan, uji coba pembukaan mal ini harus menjalankan protokol kesehatan. Adapun, untuk makan di tempat (dine in) di pusat perbelanjaan tidak boleh dilakukan dan hanya menerima pesan antar.

"Bagaimana pusat perbelanjaan menjalankan protokol kesehatan, melakukan pengaturan, tenant dan mengatur pengunjung kalau ini dinilai mengkhawatirkan uji coba akan dilanjutkan belum dibuka luas. Yang saya perhatikan kepatuhan pelaku ini harus disiapkan," katanya.

Artikel Asli