Begini Cara Cek Status Penerima BLT Subsidi Gaji di BPJS Ketenagakerjaan

Ekonomi | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:20
Begini Cara Cek Status Penerima BLT Subsidi Gaji di BPJS Ketenagakerjaan

JAKARTA - BLT subsidi gaji Rp1 juta sudah cair. BLT subsidi gaji dicairkan ke 947.000 pekerja dari target 8,7 juta pekerja penerima BLT subsidi gaji.

Pemerintah memakai sumber data dari perusahaan yang kemudian disetorkan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan BLT subsidi gaji (BSU) Rp1 juta.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menjelaskan, calon penerima BLT subsidi gaji adalah mereka yang masuk dalam kriteria penerima upah.

"Jadi data adalah dari perusahaan pemberi kerja yang kemudian disetorkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai Permenaker No 16/2021, prasyarat penerima adalah peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai bulan Juni 2021," kata Anwar Sanusi kepada MNC Portal Indonesia .

Lalu bagaimana cara mengecek syarat penerima BLT subsidi gaji di BPJS Ketenagakerjaan?

Para pekerja yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan bisa terlebih dahulu mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan apakah aktif atau tidak melalui situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Jika sudah terdaftar, pekerja bisa langsung login dengan mengisi email dan password, serta centang kode captcha "Saya bukan robot", kemudian klik Login.

Setelah login berhasil, pilih menu Kartu Digital untuk melihat status kepesertaan serta rincian informasi lain seperti di mana Anda bekerja, upah yang diterima, dan pembayaran iuran terakhir.

Terdapat pula menu Bantuan Subsidi Upah yang menginformasikan apakah pekerja lolos atau tidak dalam verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima BSU.

BLT

Artikel Asli