Seluruh Kabupaten/Kota di Tiga Provinsi Ini Wajib Terapkan PPKM Level 4

Ekonomi | inewsid | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 07:00
Seluruh Kabupaten/Kota di Tiga Provinsi Ini Wajib Terapkan PPKM Level 4

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan seluruh kabupaten/kota di tiga provinsi di Jawa dan Bali, wajib menerapkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Ketiga provinsi di wilayah Jawa-Bali yang wajib menerapkan aturan PPKM Level 4 di seluruh kabupaten/kota adalah Provinsi DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Bali.

Seperti diketahui, pemerintah kembali memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 di wilayah Jawa dan Bali, mulai 10-16 Agustus 2021. Meski demikian, tidak semua kabupaten/kota di Provinsi Jawa-Bali wajib memberlakukan PPKM Level 4.

Hal itu, diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.30/2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 Dan Level 2 Covid-19 Di Wilayah Jawa Dan Bali.

Dalam instruksi itu, disebutkan Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari 5 provinsi dan 1 kabupaten, wajib memberlakukan aturan PPKM Level 4.

Hal yang sama juga berlaku bagi Provinsi DIY, yang terdiri atas 4 kabupaten dan 1 kota, serta Provinsi Bali yang terdiri dari 8 kabupaten dan 1 kota.

Seluruh kabupaten/kota di tiga provinsi tersebut wajib menerapkan etentuan PPKM Level 4 terbaru, dimana ada tiga aturan yang dilonggarkan.

Tiga aturan yang dilonggarkan pemerintah untuk PPKM Jawa-Bali hingga 16 Agustus mendatang, yaitu pembukaan mall di beberapa daerah (hanya berlaku di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang), pembukaan tempat ibadah dengan kapasitas 25 persen atau 20 orang, dan diperbolehkan makan di restoran terbuka dengan kapasitas 25 persen atau 3 orang selama 20 menit.

Berikut daftar Kabupaten/Kota di DKI Jakarta, DIY, dan Bali yang wajib menerapkan PPKM Level 4:

1. DKI Jakarta, PPKM level 4 berlaku total di 1 kabupaten dan 5 kota, yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat

2. Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terdiri atas 4 kabupaten dan 1 kota, wajib menerapkan aturan PPKM level 4 secara total di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul.

3. Bali, yang terdiri dari 8 kabupaten dan 1 kota, PPKM Level 4 diberlakukan total, yaitu di Kabupaten Jembrana, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar.

Artikel Asli