Jeff Bezos Kalah Telak dengan Elon Musk, Tawaran Rp28 T Ditolak NASA Mentah-Mentah!

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 02/08/2021 10:20
Jeff Bezos Kalah Telak dengan Elon Musk, Tawaran Rp28 T Ditolak NASA Mentah-Mentah!

Pendiri SpaceX, Elon Musk berhasil mengalahkan miliarder Jeff Bezos atas proyek NASA senilai USD2,9 miliar (Rp41,9 triliun) untuk membangun sistem pendaratan dalam mengembalikan astronot ke bulan.

Bezos yang merupakan pendiri Blue Originmengajukan protes setebal 50 halaman atas keputusan tersebut kepada auditor federal di Government Accountability Office (GAO).

Dilansir dari Independent.co.uk di Jakarta, Senin (2/8/21) perusahaan berpendapat bahwa NASA salah menilai proposal Blue Origin dalam kompetisi tiga arah untuk membangun pendarat Bulan baru, yang juga melibatkan tawaran dari perusahaan pertahanan Dynetics yang berbasis di Alabama.

Ketiga perusahaan tersebut bersaing untuk membangun kapal pendarat yang akan digunakan dalam program Artemis NASA yang bertujuan untuk mendaratkan wanita pertama dan pria di permukaan bulan pada tahun 2024. NASA dianggap bertindak tidak semestinya dalam membuat satu penghargaan untuk SpaceX.

Bezos juga menawarkan untuk memulihkan kompetisi ke program Sistem Pendaratan Manusia (HLS) dengan menutup kekurangan anggaran badan antariksa AS sebesar USD2 miliar (Rp28,9 triliun), dalam sebuah surat terbuka kepada Administrator Nasa Bill Nelson.

Selain itu, Bezos juga mengatakan akan mendanai peluncuran uji kendaraan luar angkasa ke orbit rendah Bumi yang kemungkinan akan menelan biaya jutaan lebih.

Blue Origin mengatakan pada bahwa pihaknya yakin ada masalah mendasar dengan keputusan NASA, dan bahwa GAO tidak dapat mengatasinya karena yurisdiksi mereka yang terbatas.

Artikel Asli