Menperin: Market Share Laptop di Indonesia 95 Persen Dikuasai Produk Impor

inewsid | Ekonomi | Published at 22/07/2021 15:29
Menperin: Market Share Laptop di Indonesia 95 Persen Dikuasai Produk Impor

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan market share laptop di Indonesia sekitar 95 persen dikuasai produk impor.

Menurut dia, dalam lima tahun terakhir, yakni sejak 2016-2020, rata-rata nilai impor produk laptop mencapai 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

"Demand atau permintaan produk laptop di Indonesia sekitar 3 juta unit per tahun, denggan market share laptop impor mencapai 95 persen, sedangkan produk dalam negeri hanya 5 persen," kata Agus, dalam video virtual, Kamis (22/7/2021).

Menperin mengungkapkan, kondisi ini menjadi perhatian Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan berusaha mendorong dan mengoptimalkan produksi laptop buatan anak negeri.

Agus menilai, optimalisasi demand kebutuhan juga akan dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong suplai kebutuhan di dalam negeri sebagai tuan rumah.

Terkait dengan itu, lanjutnya, Kemenperin akan menjalin kerja sama dengan industri serta SMK dan Universitas untuk dapat merealisasikan peningkatan dan optimasilsasi produksi laptop dalam negeri.

"Kita akan terus dorong, dan ini masih jadi tuan rumah di negara kita sendiri. Kami (pemerintah) akan melakukan kerja sama seperti dengan Mendikbud, pihak universitas, dan SMK, kemudian ini bisa menjadi hal yang dapat realisasi untuk peningkatan dan pengoptimalisasi produksi di Indonesia," ujar Menperin.

Artikel Asli