BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Dunia Naik Jadi 5,8%

okezone | Ekonomi | Published at 22/07/2021 15:41
BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Dunia Naik Jadi 5,8%

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi perekonomian global tumbuh lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan angka proyeksi pertumbuhan ekonomi global direvisi ke atas, dari 5,7% menjadi 5,8%.

BI merevisi ke atas perkiraan pertumbuhan ekonomi global 2021 menjadi 5,8% dari sebelumnya 5,7%, katanya. saat melaporkan hasil Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (22/7/2021).

Menurut Perry, peningkatan pertumbuhan ekonomi akan terjadi di Amerika Serikat dan negara di kawasan Eropa seiring percepatan vaksinasi Covid-19 dan berlanjutnya stimulus fiskal dan moneter. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di China pun diperkirakan akan berlanjut.

Sementara itu, pertumbuhan di India dan negara Asean diperkirakan akan lebih rendah dikarenakan kebijakan pembatasan mobilitas akibat dari melonjaknya kasus Covid-19.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan meningkat, volume perdagangan dan harga komoditas dunia diperkirakan lebih tinggi sehingga akan mendukung kinerja ekspor di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Artikel Asli