Rektor UI Akhirnya Mundur dari Dewan Komisiaris BRI

suarasurabaya | Ekonomi | Published at 22/07/2021 14:52
Rektor UI Akhirnya Mundur dari Dewan Komisiaris BRI

Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyampaikan pengumuman mengenai Ari Kuncoro yang mengundurkan diri dari jabatan Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan.

Kementerian BUMN RI telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI dan menginformasikannya secara resmi kepada Perseroan. Sehubungan itu, Perseroan menerbitkan Keterbukaan informasi pada 22 Juli 2021. Adapun proses berikutnya, Perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur, ujar Aestika Oryza Gunarto Corporate Secretary Division BRI dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/7/2021).

Sebelumnya, Ari Kuncoro sempat menjadi bulan-bulanan warganet karena melanggar Statuta UI yang melarang Rektor rangkap jabatan. Ia menjabat sebagai rektor kampus bergengsi di Indonesia itu sekaligus Dewan Komisiaris BUMN, yakni Bank BRI.

Setelah kasus rangkap jabatannya ramai mendapat sorotan dan kritikan publik, Statuta Universitas Indonesia berubah, khususnya di pasal yang mengatur rangkap jabatan pimpinan universitas.

Dalam Statuta UI yang baru, Pasal 39 poin c menyebutkan bahwa rektor, wakil rektor, sekretaris universitas, dan kepala badan universitas dilarang merangkap sebagai direksi pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.

Perubahan ini disahkan dalam Peraturan Pemerintah 75/2021 tentang Statuta Universitas Indonesia yang diteken Joko Widodo Presiden pada 2 Juli 2021 dan diundangkan di tanggal yang sama oleh Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM.

Riuh kritikan tajam makin tertuju oleh pemerintah yang dalam kasus ini, malah mengubah aturan dalam Statuta UI, bukan malah mencabut salah satu jabatan yang dipegang oleh Ari Kuncoro.

Rektor UI kalau nerobos lampu merah, aturannya langsung diubah, lampu ijo jadi berhenti, merah jadi jalan

Ridwan Hanif (@ridwanhr) July 20, 2021

Rangkap jabatan rektor UI = mencoreng wajah pemerintah = menyabotase wibawa mereka dalam segala hal termasuk manajemen pandemi.

Ernest Prakasa (@ernestprakasa) July 21, 2021

Seperti yang dilansir Antara , diketahui dalam laman situs resmi bri.co.id, Ari Kuncoro menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama/Independen BRI.

Prof. Ari Kuncoro yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terpilih menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024.

Prof Ari Kuncoro SE MA PhD, pria yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI kelahiran 1962 itu meraih gelar sarjananya di FEB UI dengan konsentrasi Ekonomi Moneter, master of arts dari Univerity of Minessota, dan meraih gelar Ph.D-nya dalam bidang Ilmu Ekonomi dari Brown University.(ant/tin)

Artikel Asli