Rindu Baitullah, Erick Thohir: Semoga Pandemi Segera Tertangani

sindonews | Ekonomi | Published at 20/07/2021 19:00
Rindu Baitullah, Erick Thohir: Semoga Pandemi Segera Tertangani

JAKARTA - Segenap umat muslim di dunia, khususnya di Indonesia, kembali merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah . Momentum Hari Raya Kurban pun ikut dirayakan Menteri BUMN, Erick Thohir. Melalui akun instagramnya, Erick mengunggah sebuah foto bersama rombongan asal Indonesia saat berada di Tanah Suci, Mekkah. Gambar tersebut diambil sejak tahun 2005 silam.

Dalam unggahan itu, dia mengutarakan rasa rindunya untuk berangkat ke Baitullah, sebutan atau nama lain dari Kabah. Erick menuliskan, rindu yang paling tidak tertahan adalah rindu untuk kembali ke Baitullah.

"Bersama teman-teman rombongan saat melaksanakan Ibadah Haji tahun 2005. Mendoakan semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Sungguh rindu yang paling tidak tertahan adalah rindu untuk kembali ke Baitullah," ujar Erick dikutip Selasa (20/7/2021).

Dia berharap pandemi Covid-19 dapat segera tertangani dengan baik. Sehingga kegiatan umroh dan haji jemaah Indonesia bisa segera berjalan kembali. "Amin," katanya. Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah. Pada hari itu umat Islam disunnahkan melakukan sholat 'Idul Adha dan menyembelih hewan qurban. Dan pada hari yang sama, jutaan jamaah haji bergerak dari Muzdalifah menuju Mina untuk melontar jumrah sebagai bagian utuh dari ritual ibadah haji.

Tepat sehari atau sebelum tanggal 9 Dzulhijjah, ketika para jamaah haji berwukuf di Arafah, umat Islam seluruh dunia disunnahkan untuk melakukan puasa sunnah. Nama puasanya disebut dengan puasa Arafah. Dan puasa Arafah adalah ibadah yang disunnahkan terkait dengan hari Raya Idul Adha.

Dalam momentum itu, jamaah haji melakukan semua ritual ibadahnya di Makkah, Mina, Arafah dan Muzdalifah. Sedangkan yang umat Islam lainnya bisa merayakan hari raya Adha itu di mana saja mereka berada.

Artikel Asli