PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Pengaruhnya ke Pasar Modal

limapagi.id | Ekonomi | Published at 20/07/2021 15:05
PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Pengaruhnya ke Pasar Modal

LIMAPAGI - Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan menilai, dinamika yang terjadi dalam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan ditentukan dengan keputusan yang dibuat oleh pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

"Mungkin pasar akan melihat seberapa lama PPKM ini, apakah hanya dua minggu saja, bisa menekan. Kalau ternyata bisa tentu pasar juga happy, tapi kalau ternyata tidak bisa, atau artinya ada perpanjangan tentu pasar akan mulai menghitung dampak terhadap ekspektasi pertumbuhan ekonomi di 2021," kata Alfred kepada Limapagi, Selasa 20 Juli 2021.

Alfred menambahkan, untuk kondisi saat ini, investor cenderung untuk menunggu hasil evaluasi dari penerapan PPKM darurat, yang dinilai dapat membawa pengaruh terhadap pasar modal di masa mendatang.

"Kalau sejauh ini pasar masih melihat keputusan PPKM darurat, skenarionya dua minggu relatif bisa dibilang tidak ada pilihan lain bagi kondisi Indonesia sekarang, atau bisa dibilang untuk mengurangi dampak yang lebih buruk lagi," ujarnya.

Kendati demikian, Alfred melihat, sejauh ini kondisi pasar modal dalam negeri masih menunjukan tren yang positif lantaran para investor masih memiliki kepercayaan pemerintah dapat mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi.

"Bisa dibilang ini dalam kondisi yang memang pasar masih optimis bahwa pemerintah bisa menghandle gelombang kedua ini," ucapnya.

Meski masih terbilang menunjukan tren positif, Alfred berpendapat, jika penerapan PPKM darurat diperpanjang, maka hal tersebut akan membawa dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kepercayaan investor.

"Jadi mereka akan hitung nantinya, kalau semakin lama PPKM-nya, maka sudah pasti akan ada adjusment lagi untuk pertumbuhan ekonomi, atau pasar akan menurunkan. Ketika pertumbuhan ekonomi ini diturunkan tentu di bawah target IHSG juga akan turun," tuturnya.

Artikel Asli