Menkes: Vaksin Moderna Diprioritaskan Bagi Nakes

inewsid | Ekonomi | Published at 13/07/2021 11:44
Menkes: Vaksin Moderna Diprioritaskan Bagi Nakes

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan vaksin moderna dari Amerika Serikat (AS) akan diprioritaskan untuk vaksinasi tahap ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan (nakes).

Pada Minggu (11/7/2021), sebanyak 3.000.060 dosis vaksin moderna produksi AS tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Kedatangan vaksin moderna tersebut merupakan yang pertama kali untuk Indonesia.

"Rencananya vaksin moderna selain digunakan untuk rakyat Indonesia, secara khusus akan digunakan untuk booster bagi tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi Covid-19," kata Budi, melalui konferensi Virtual dikutip, Selasa (13/07/2021).

Budi mengungkapkan, nakes menghadapi tekanan yang luar biasa dalam menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19, seiring dengan pertambahan kasus baru yang melonjak signifikan.

Apalagi dengan kemunculan varian delta dari virus Covid-19 yang dengan tingkat penularan yang sangat cepat, pemerintah ingin memastikan para nakes yang menangani pasien Covid-19 terlindungi secara maksimal.

"Dengan vaksin booster, kami ingin memastikan para nakes yang menangani pasien Covid-19 terlindungi maksimal," ujar Budi.

Pada kesempatan itu, Menkes juga mengatakan program vaksinasi di Indonesia sudah berjalan cukup cepat akhir-akhir ini. "Data terakhir sudah menembus 50 juta suntikan," ungkap Budi.

Dia mengungkapkan, untuk penyebaran capaian program vaksinasi dari pemerintah dipaparkan sebanyak 10 juta suntikan pertama dicapai dalam waktu 8 Minggu, 10 juta berikutnya dalam waktu 4 Minggu, dan 10 juta yang terakhir sudah dicapai dalam 12 hari.

Artikel Asli