Berikut Deretan Contoh Teks Deskripsi Tempat, Alam Hewan, Sekolah

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 13/07/2021 09:38
Berikut Deretan Contoh Teks Deskripsi Tempat, Alam Hewan, Sekolah

Teks deskripsi mencakup identifikasi, klasifikasi, deskripsi dan bagian penutup sebuah tema. Terdapat beberapa contoh teks deskripsi bertemakan tempat, alam, hewan, dan sekolah supaya mampu mengetahui gagasan deskripsi secara lengkap. Langkah selanjutnya adalah kerangka teks agar tersusun sistematis. Kerangka ini meliputi: objek, tujuan, informasi, penyusunan data dan proses deskripsi.

Seperti dikutip dari laman majalahkartini.co.id, berikut empat contoh teks deskripsi tentang tempat di kota Bandung, seperti dirangkum, Selasa (13/7/2021).

1. Gunung Tangkuban Parahu

Salah satu tempat menarik untuk dikunjungi para wisatawan adalah Tangkuban Parahu. Gunung ini terletak di provinsi Jawa Barat atau 20km dari pusat Kota Bandung. Pemandangan alam yang tersaji berupa hamparan hutan pinus dan kebun teh yang ternama. Ketinggian gunung mencapai 2.084 mdpl dengan bentuk gunung Stratovulcano dan berkaitan erat dengan legenda Sangkuriang.

2. Kota Bandung

Baca Juga: Apa Itu Nilai Buku Per Saham?

Bandung menjadi kota metropolitan dengan julukan Bandung Raya. Kota Bandung menjadi provinsi dan ibukota provinsi Jawa Barat. Julukan Kota Kembang diberikan karena Kota Bandung dahulu dihiasi pohon dan bunga yang cantik. Berkat keindahan pula seperti di kota Paris maka dijuluki Paris Van Java. Kini Kota Bandung terkenal dengan kuliner, budaya dan wisata belanja yang terkenal.

3. Jalan Asia Afrika

Sejarah Kota Bandung memiliki keterkaitan dengan Jalan Asia Afrika yang kini ramai para wisatawan. Pada awalnya jalan ini bernama jalan Grote Postweg atau Jalan Raya Pos. Daendels melakukan proyek kerja paksa dari titik nol kilometer Bandung dengan pembangunan jalan 1000km. Perjalanan di kawasan Asia Afrika membuat wisatawan seperti berada pada masa perjuangan di masa lalu.

4. Alun-Alun Kota Bandung

Pusat Kota Bandung ditandai dengan hamparan tanah yang luas kemudian terdapat banyak bangunan di dekat kawasan Grote Postweg. Alun-alun Kota Bandung berada di Jl. Asia Afrika, Balonggede Kecamatan Regol Kota Bandung. Lokasinya kini telah beralih fungsi dengan didirikan Masjid Raya Bandung sebagai pertanda alun-alun Kota Bandung.

Berikut empat contoh teks deskripsi tentang alam

1. Pelangi

Alam senantiasa memberikan persembahan menakjubkan, salah satunya adalah pelangi. Bianglala atau pelangi merupakan suatu kejadian optik yang dipadukan dengan kondisi meteorologi. Terbentuk akibat cahaya beraneka warna dan berada pada garis sejajar. Cahaya putih matahari merupakan perpaduan warna yang terlihat dari pelangi seperti merah, jingga, hijau, violet, nila dan kuning.

2. Air Laut

Salah satu jenis air di muka bumi yang bisa ditemukan di area lepas pantai. Air laut berasal dari samudera lepas dengan kadar garam hingga 3,5%. Akan tetapi kandungan garam tidak seluruhnya merata. Sehingga menimbulkan perbedaan kadar pada kawasan lautan tertentu. Air laut bisa dikonsumsi dengan teknik penyaringan. Sehingga menjadi air tawar yang ringan dari kadar garam.

3. Fenomena Alam Antartika

Bumi dilengkapi dengan beberapa keunikan alam seperti kawasan dingin yang membentuk benua. Namanya adalah Antartika yang mencakup kutub selatan. Memiliki luas 14.0 juta km/persegi dan menjadi benua kelima terluas di dunia. 98% luas benua ini ditutupi oleh es tebal dengan ketebalan mulai dari 2km. Suhu di benua ini mencapai -89 derajat celsius dengan curah hujan yang rendah.

4. Gempa Bumi

Alam senantiasa menghadirkan fenomena yang indah dan bahkan merugikan. Salah satunya adalah gempa bumi sebagai kondisi bergetarnya permukaan bumi. Hal ini terjadi akibat adanya pelepasan sejumlah energi dari perut bumi secara tiba-tiba. Gempa bumi membentuk gelombang Seismik yang berbeda-beda. Kemudian bisa diukur dengan alat khusus bernama Seismometer.

Berikut empat contoh teks deskripsi tentang hewan

1. Dinosaurus

Dinosaurus menjadi hewan yang pernah menghuni muka bumi pada masa. Mengalami beberapa periode kehidupan mulai dari Trias, Vertebrata, Jura dan periode Kapur. Dinosaurus mengalami kepunahan pada 65 juta tahun lalu dan meninggalkan fosil hampir di seluruh dunia. Ilmu pengetahuan yang meneliti Dinosaurus di antaranya adalah Taksonomi, Ekologi, Morfologi dan Paleontologi.

2. Burung

Hewan bertulang belakang atau vertebrata bernama burung ini memiliki kriteria yang berbeda yakni dilengkapi dengan bulu dan sayap. Beragam jenis burung di dunia bisa terbang ke angkasa dan sebagian lagi tidak demikian. Selain itu terdapat jenis-jenis burung berdasarkan bentuk, warna dan wilayah tempat hidupnya di muka bumi.

3. Kucing

Kucing menjadi salah satu spesies hewan yang keberadaannya hampir tersebar di bumi. Terdiri dari kucing peliharaan dan kucing liar yang hidup di alam bebas. Memiliki beragam ukuran, mulai dari kucing rumahan hingga singa yang berukuran jauh lebih besar. Kucing rumahan atau domestik cenderung berada dalam lingkungan manusia dan berfungsi sebagai penjaga dari hama tikus.

4. Kuda

Kuda termasuk ke dalam spesies mamalia dari genus Equus dan menjadi hewan peliharaan dengan tujuan yang beragam. Seperti pengangkut barang, pacuan kuda dan sarana transportasi selama ribuan tahun yang lalu. Saat ini terdapat peternakan kuda yang melakukan proses pengembangbiakan dalam jumlah yang besar.

Berikut lima contoh teks deskripsi tentang sekolah

1. Sekolah Berbasis Teknologi

Teknologi yang semakin canggih berhasil masuk ke dalam berbagai sektor. Salah satunya adalah sekolah berbasis teknologi. Banyak inovasi yang dikembangkan terdiri dari ujian nasional dengan basis komputer (UNBK). Kemudian Penilaian Akhir Semester (PAS) menggunakan sistem Android sebagai penyedia soal melalui aplikasi maupun website.

2. Sistem Zonasi

Langkah pemerintah untuk perbaikan sistem pendidikan Indonesia melalui sistem Zonasi. Sistem ini dianggap mampu menghapuskan istilah sekolah favorit yang seringkali diserbu para orang tua siswa. Saat ini setiap anak tidak dapat melewati zonasi sekolah yang tersedia di lingkungannya sendiri. Sehingga diharapkan kesetaraan pendidikan bisa terwujudkan.

3. Kartu Indonesia Pintar

KIP atau Kartu Indonesia Pintar menjadi solusi yang ditawarkan pemerintah kepada keluarga tidak mampu. Program ini membantu setiap keluarga untuk memenuhi kebutuhan sekolah putra putrinya melalui pembagian KIP yang berisi sejumlah uang. Pemerintah berharap Indonesia bisa terbebas dari buta aksara dan bebas kemiskinan.

4. Upacara bendera

Hari senin adalah hari istimewa bagi setiap sekolah di Indonesia dengan upacara bendera. Bertujuan sebagai bentuk cinta terhadap tanah air dan menghormati pahlawan pejuang kemerdekaan. Berkat perjuangan mereka setiap anak bisa merasakan pendidikan tanpa membedakan status sosial. Kemudian menggapai cita-cita dengan bahagia.

5. Kekerasan terhadap Guru

Tindakan kekerasan sering terjadi di sekolah akibat kegagalan menjalin komunikasi untuk menciptakan suasana belajar kondusif. Pada kondisi tertentu sering terjadi kekerasan di antara keduanya. Tanpa disadari banyak pihak yang telah menjadi korban, bahkan sampai kehilangan nyawa.

Belasan contoh teks deskripsi tempat, alam, hewan, sekolah ini bisa menjadi pengetahuan untuk menemukan teks deskripsi menarik lainnya. Agar mampu menemukan topik terbaik dan struktur yang matang. Setiap persiapan yang sistematis akan mempermudah penulis untuk menemukan inspirasi dan karakter tulisan.

Hal pertama yang akan dialami adalah merasa kesulitan untuk memulai. Kemudian memiliki keinginan untuk menciptakan deskripsi pertama. Maka yang perlu dilakukan adalah tentang memulai sesuatu. Karena setelah itu akan muncul kemudahan dan berakhir dengan karya yang memuaskan.

Artikel Asli