Apa Itu Nirdividen?

wartaekonomi | Ekonomi | Published at 13/07/2021 08:50
Apa Itu Nirdividen?

Nirdividen adalah terjadinya aktivitas penjualan saham yang jatuh pada ex dividend date . Ex dividend date merupakan hari sebelum dividen. Itu berarti seorang investor yang membeli saham pada tanggal ex-dividend atau setelahnya tidak akan memenuhi syarat untuk menerima dividen yang diumumkan.

Nirdividen atau ex dividend biasanya jatuh pada satu hari kerja sebelum tanggal pencatatan. Sebaliknya, pembayaran dividen dilakukan kepada siapa pun yang memiliki saham sehari sebelum tanggal ex-dividen.

Jika seorang trader membeli saham pada tanggal ex-dividend atau setelahnya, mereka tidak akan menerima pembayaran dividen berikutnya. Karena pembeli tidak berhak atas pembayaran dividen berikutnya pada ex-date, saham akan disesuaikan lebih rendah dengan jumlah dividen oleh bursa.

Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk mengumumkan dividen, dewan direksi menetapkan tanggal rekor. Ini adalah tanggal ketika seseorang harus tercatat dalam catatan perusahaan sebagai pemegang saham untuk menerima pembayaran dividen.

Setelah tanggal pencatatan ditetapkan, tanggal ex-dividen juga ditetapkan sesuai dengan aturan bursa efek. Ini biasanya berarti bahwa ex-date adalah satu hari kerja sebelum tanggal pencatatan.

Misalnya, jika sebuah perusahaan mengumumkan dividen pada tanggal 3 Maret dengan tanggal pencatatan pada hari Senin, 11 April, tanggal sebelumnya adalah hari Jumat, 8 April, karena itu adalah satu hari kerja sebelum tanggal pencatatan.

Rata-rata, sebuah saham bisa diharapkan turun sedikit lebih sedikit dari jumlah dividen. Mengingat bahwa harga saham bergerak setiap hari, fluktuasi yang disebabkan oleh dividen kecil mungkin sulit dideteksi. Efek pada saham dari pembayaran dividen yang lebih besar dapat lebih mudah diamati.

Jika sebuah perusahaan mengeluarkan dividen dalam bentuk saham dan bukan uang tunai (atau dividen tunai adalah 25% atau lebih dari nilai saham), aturan tanggal ex-dividend sedikit berbeda. Dengan dividen saham, atau dividen tunai besar, tanggal ex-dividend ditetapkan pada hari kerja pertama setelah dividen dibayarkan.

Artikel Asli