Akan Beroperasi Awal 2022, VSS Unity Ditargetkan Layani 400 Penerbangan ke Luar Angkasa per Tahun

inewsid | Ekonomi | Published at 13/07/2021 07:10
Akan Beroperasi Awal 2022, VSS Unity Ditargetkan Layani 400 Penerbangan ke Luar Angkasa per Tahun

NEW MEXICO, iNews.id - Miliarder asal Iggris, Richard Branson, mengatakan pesawat VSS Unity, siap beroperasi secara komersial untuk melayani wisata ke luar angkasa mulai awal 2022. Pasca diluncurkan, VSS Unity ditargetkan akan melayani sekitar 400 penerbangan wisata ke luar agkasa per tahun.

Pernyataan itu, disampaikan Richard Branson setelah berhasil melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan pesawat VSS Unity, yang dikembangkan perusahaan Virgin Galatic miliknya, pada Minggu (11/7/2021).

"Setelah penerbangan Minggu, Virgin Galactic merencanakan dua penerbangan VSS Unity lebih lanjut, dan kemudian memulai operasi komersial awal 2022. Tujuan akhirnya adalah melakukan 400 penerbangan per tahun," ujar Richard Branson, seperti dikutip Reuters, Senin (12/7/2021).

Dia mengungkapkan, sekitar 600 tiket telah dijual kepada orang-orang dari 60 negara berbeda, termasuk selebriti Hollywood dengan harga mulai dari 200.000 dolar Amerika Serikat (AS) hingga 250.000 dolar AS atau sekitar Rp2,901 miliar hingga Rp3,627 miliar.

Richard Branson mengatakan, pihaknya juga akan membuat kompetisi berhadiah tiket gratis bagi masyarakat yang ingin mengikuti perjalanan wisata ke luar angkasa.

"Begitu banyak orang yang sebelumnya tidak mampu pergi ke luar angkasa, bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa, ujar Richard Branson.

Pada bulan ini, persaingan miliarder yang mengembangkan sektor pariwisata luar angkasa mencapai titik puncak.

Setelah Richard Bronson, mantan CEO Amazon, Jeff Bezos juga akan melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat New Shepard yang dikembangkan perusahaan Blue Origin miliknya.

Bedanya, jika Richard Bronson hanya melakukan perjalanan singkat ke luar angkasa, Jeff Bezos justru akan terbang selama sembilan hari. Dia bahkan akan ikut menerbangkan pesawat tersebut.

Pada Jumat (9/7/2021), Blue Origin mengunggah infografis yang membanggakan pengalaman wisata ke luar angkasa yang lebih unggul dengan menggunakan New Shepard.

Artikel Asli