Richard Branson Catat Sejarah Jadi Miliarder Pertama yang Berhasil Wisata ke Luar Angkasa

inewsid | Ekonomi | Published at 13/07/2021 06:38
Richard Branson Catat Sejarah Jadi Miliarder Pertama yang Berhasil Wisata ke Luar Angkasa

NEW MEXICO, iNews.id - Richard Branson mengalahkan Jeff Bezos dan mencatat sejarah sebagai miliarder pertama yang berhasil melakukan penerbangan wisata ke luar angkasa dengan pesawat yang dikembangkan perusahaannya.

Pada Minggu (11/7/2021), miliarder asal Inggris tersebut, melakukan perjalanan singkat ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat VSS Unity yang dibuat oleh perusahaan Virgin Galatic miliknya.

Richard Branson melakukan perjalanan ke luar angkasa bersama tiga karyawan dan dua pilot, dengan pesawat ruang angkasa yang lepas landas dari Space Port, New Mexico, Minggu (11/7/2021) sekitar pukul 08:40 waktu setempat.

Sekitar 1 jam perjalanan, pesawat induk kemudian melepas pesawat ruang angkasa VSS Unity yang ditumpangi Richard Branson pada ketinggian 50 mil atau 80 kilometer.

Setelah mesin roket dimatikan, miliarder bersama para awak kemudian mengalami beberapa menit tanpa bobot. Pesawat kemudian kembali ke bumi setelah mencapai ketinggian 55 mil.

Selama perjalanan singkat ke luar angkasa, Richard Branson yang melakukan siaran live melalui video streaming mendorong generasi berikutnya untuk bermimpi besar. Menurut dia, perjalanan itu merupakan lompatan besar menuju perjalanan ruang angkasa komersial bagi warga sipil.

Keberhasilan misi luar angkasa Richard Branson tersebut sekaligus mengalahkan sesama miliarder, Jeff Bezos, yang juga mengembangkan bisnis pesawat yang akan melayani pariwisata ke luar angkasa.

Jeff Bezos juga berencana melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 20 Juli mendatang dengan pesawat New Shepard miliknya yang dikembangkan oleh perusahaan Blue Origin. Bahkan Bezos juga akan ikut mengemudikan pesawat ruang angkasa itu.

Setelah mendarat di bumi, Richard Branson mengatakan VSS Unity yang dikembangkan Virgin Galatic siap untuk beroperasi secara komersil pada awal 2022.

Artikel Asli