Mengapa Banyak Orang Mencari Pekerjaan di Jakarta? Ternyata Oh Ternyata Karena Ini

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:39
Mengapa Banyak Orang Mencari Pekerjaan di Jakarta? Ternyata Oh Ternyata Karena Ini

Ibu Kota Jakarta adalah kota metropolitan dengan berbagai macam aktivitas bisnis yang seolah-olah tidak pernah beristirahat selama seharian penuh. Mulai dari gedung perusahaan mewah sampai pedagang di pinggir jalan.

Loker Jakarta memang lebih kompleks dibandingkan kota lain. Selain itu, kira-kira mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta? Berikut alasan mengapa banyak orang mencari pekerjaan di Jakarta, seperti dirangkum, Rabu (7/7/2021).

1. Lapangan Kerja Menjanjikan

Kota Jakarta adalah wilayah strategis dimana hampir semua perusahaan dan perkantoran besar pasti mendirikan kantor pusatnya disini. Oleh sebab itu, wajar apabila lowongan kerja di Jakarta jauh lebih banyak dibandingkan dengan daerah lain, meskipun kompetisinya juga sangat ketat.

Tidak hanya lowongan kerja yang terbuka lebar, UMR Jakarta juga tergolong tinggi. Gaji kompetitif per bulan memang sebanding dengan biaya hidup masyarakat Jakarta.

Lulusan universitas dari berbagai daerah biasanya memutuskan untuk mengadu nasib ke Jakarta demi memulai karier. Harus diakui, apabila di Jakarta ada banyak sekali jenis pekerjaan dan posisi yang bisa mereka ambil.

Lowongan kerja itupun bervariasi, mulai dari yang duduk di kantor maupun bekerja sebagai tukang bangunan. Tinggal menyesuaikan skill masing-masing. Apabila memang memiliki fisik yang kuat, pekerjaan paruh waktu juga bisa saja mereka jalani sekaligus.

2. Meritokrasi

Menurut sebagian besar orang, Jakarta adalah salah satu kota dengan tingkat kompetisi lebih fair di berbagai macam hal. Memutuskan bekerja di kota Jakarta bisa menjadi pilihan tepat, lantaran mendahulukan meritokrasi.

Tidak serta merta mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan mudah, namun ada kalanya seorang pegawai perlu berjuang dan berkembang agar bisa mempertahankan posisinya. Tuntutan semacam ini jelas membuat kemampuannya semakin terasah.

Jakarta keras itu memang benar adanya, karena siapapun yang tidak kuat bertahan maka akan disingkirkan oleh seleksi alam. Berkembang masih menjadi kunci utama agar tetap bertahan ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat ini.

Jakarta adalah kota dinamis dan paling bagus dijadikan ujian untuk berkompetisi dan terus mengembangkan kemampuan diri.

3. Hiburan

Berbagai macam event lokal dan internasional hampir semuanya memilih diselenggarakan di Jakarta. Menonton kegiatan seni dan olahraga bukanlah hal sulit bagi warga Jakarta. Belum lagi keberadaan mall dengan segudang fasilitas yang komplit dan tercanggih sesuai perkembangan zaman.

Di Jakarta kita bisa menemukan banyak sekali hiburan sesuai kesukaan masing-masing. Apabila Anda suka musik? Konser band-band ternama di tanah air seringkali diselenggarakan. Jika sukanya komedi, mampir saja ke cafe-cafe biasanya banyak standup yang diselenggarakan.

4. Jejaring Luas

Mulai dari UMKM, perusahaan swasta, nasional, multinasional dan bahkan internasional bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta. Inilah bonus yang diberikan kota Jakarta kepada warganya untuk terus belajar dan mengasah kemampuan. Mereka bisa mempelajari apapun dan mendesain dirinya sebagaimana yang diinginkan.

Ilmu bisnis yang sudah dipelajari nantinya bisa dibawa ke daerah asal dan merintis bisnis disana.

5. Penasaran Dengan Merantau dan Mengadu Nasib

Alasan terakhir mungkin terdengar agak klise, namun faktanya tidak sedikit orang yang rela merantau ke Jakarta karena ingin seperti teman-temannya atau kerabat dekat. Banyak orang penasaran seperti apa sih Jakarta itu dan bagaimana kehidupan disana.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Artikel Asli