Nilai Bansos Terlalu Kecil, Pekerja Butuh BLT Subsidi Gaji Rp5 Juta

Ekonomi | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:08
Nilai Bansos Terlalu Kecil, Pekerja Butuh BLT Subsidi Gaji Rp5 Juta

JAKARTA - Direktur Center of Economic and Law Studies ( Celios ), Bhima Yudhistira menilai bantuan sosial yang diberikan pemerintah pada PPKM Darurat kurang efektif karena beberapa alasan.

Menurutnya, antara penyaluran bansos dan penguman PPKM darurat yang diumumkan pemerintah terbilang cukup lambat.

"Pertama, Penambahan dan penyaluran bansos relatif lambat dibanding pengumuman PPKM darurat. Akibatnya efektivitas PPKM menjadi rendah karena masih banyak masyarakat beraktivitas di luar rumah" Ujar Bima Yudhistira ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (7/7/2021).

Kemudian kata dia nominal bansos yang diberikan pemerintah saat ini masih relatif kecil dan tidak menutup daya beli kebutuhan masyarakat.

"Kedua, nominal bansos relatif kecil tidak sejalan dengan tekanan daya beli yang dihadapi oleh kelompok menengah dan bawah" lanjut Bima.

Dia juga menyarankan, seharusnya pemerintah menambah alokasi Bantuan Sosial dan memeberikan Subsidi gaji pada penerima Bansos sebesar 5 juta rupiah. Kemudia dalam minggu pertama harus segera dicairkan setidaknya 70-80% dari target bansos tunai. Di mana hal ini berdampak baik guna mencegah perusahaan lakukan PHK massal ketika tidak mampu memberika upah secara penuh kepada karyawannya.

"Jika bansos upah per penerima selama dua bulan Juli-Agustus nilainya Rp5 juta maka si penerima akan gunakan uangnya untuk membeli bahan makanan dan keperluan non pangan seperti membayar cicilan, tagihan listrik dan biaya internet. Bantuan subsidi upah juga mencegah perusahaan lakukan PHK massal disaat tidak mampu menggaji penuh karyawannnya" tuturnya

Artikel Asli