Dengerin Nih! Warren Buffett Sebut Keterampilan Ini Akan Bawa Kesuksesan dengan Mudah

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:00
Dengerin Nih! Warren Buffett Sebut Keterampilan Ini Akan Bawa Kesuksesan dengan Mudah

Tak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan. Namun, miliarder investor Warren Buffett memiliki tips yang bisa dilakukan anak muda untuk menjadi investasi ke depannya. Menurut pendiri Berkshire Hathaway yang berusia 90 tahun ini, ada satu cara mudah untuk menambah nilai diri lebih dari 50 persen dengan memiliki keterampilan ini.

"Adalah dengan mengasah keterampilan komunikasi baik tertulis maupun lisan, tutur Buffett sebagaimana dilansir dari CNBC International di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Dalam sebuah postingan video di LinkedIn yang diposting pendiri startup Voiceflow, Michael Hood, Buffett mengatakan jika tidak dapat berkomunikasi, maka segalanya akan percuma.

Jika Anda tidak dapat berkomunikasi, itu seperti mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan, dan tidak ada yang terjadi. Anda dapat memiliki semua kekuatan otak di dunia, tetapi Anda harus dapat membagikannya dan satu-satunya cara yakni berkomunikasi, lanjut Buffett.

Saat ini Buffett adalah salah satu orang terkaya dunia dengan harta lebih dari USD86 miliar (Rp1.246 triliun). Tak hanya Buffett, miliarder Richard Branson juga setuju bahwa mampu berkomunikasi secara efektif akan sangat penting bagi kesuksesan seseorang. Ia mengatakan bahwa seorang pengusaha sukses harus menjadi pendongeng yang baik.

Kembali ke Buffettt, kalau kamu belum tahu Buffett dahulu sangat takut berbicara di depan umum. Namun, ia berhasil mengubahnya.

Saya takut berbicara di depan umum ketika masih di sekolah menengah dan perguruan tinggi, saya tidak bisa melakukannya. Maksudnya, saya akan muntah dan segalanya, kata Buffett dalam sebuah video BBC , yang diterbitkan pada tahun 2009.

Buffett sampai mengambil kursus bicara di depan umumdi Dale Carnegie, organisasi pelatihan tempat kerja dan pengembangan keterampilan profesional yang didirikan oleh penulis Dale Carnegie.

Saya sebenarnya tidak punya ijazah kuliah, ijazah dari sekolah pascasarjana, tetapi saya punya ijazah Dale Carnegie di sana karena itu yang mengubah hidup saya, tambah Buffett.

Keputusan itulah yang meningkatkan keterampilan Buffett hingga kata-katanya kerap menjadi kutipan favorit banyak orang. Tak ketinggalan, Buffett menekankan agar berinvestasilah pada dirimu sendiri.

Artikel Asli