Begini Cara Cek Penerima Bansos Tunai PPKM Darurat

Ekonomi | inewsid | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:16
Begini Cara Cek Penerima Bansos Tunai PPKM Darurat

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Sosial melanjutkan program bantuan sosial tunai (BST) kepada mmasyarakat yang yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat 3-20 Juli 2021.

BST sebelumnya dihentikan pada April 2021 lalu, namun dengan adanya PPKM Darurat, BST kembali disalurkan untuk Mei dan Juni, yang akan dicairkan pada bulan ini. Adapun besaran BST yang diberikan Rp300.000 per bulan, sehingga penerima akan langsung mendapatkan Rp600.000 pada pencairan mendatang.

Nah bagi masyarakat bisa mengecek penerima BST dari Kemensos dengan mengakses laman https://cekbansos.kemensos.go.id . Berikut ini cara mengeceknya:

1. Mengakses laman https://cekbansos.kemensos.go.id

2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan tempat tinggal

3. Masukkan nama (Penerima Manfaat) sesuai KTP

4. Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode

5. Jika hururf kode belum jelas, dapat mereset untuk mendapatkan huruf kode baru

6. Klik tombol cari data

Selanjutnya, sistem akan memverifikasi nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput, kemudian membandingkannya dengan nama dalam database Kemensos. Jika terdaftar sebagai penerima BST, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan Anda terdaftar sebagai penerima bantuan. Namun jika tidak terdaftar sebagai penerima BST, maka akan muncul notifikasi yang menyebutkan Anda bukan penerima bantuan.

Melalui bantuan tersebut, Kemensos berharap dapat membantu kelompok rentan akibat dari dampak pandemi Covid-19. "Upaya percepatan penyaluran bantuan ini diharapkan dapat membantu kelompok rentan akibat dari dampak pandemi Covid-19," tulis Kemensos pada akun instagram resminya.

Mekanisme penyaluran bantuan tersebut masih sama dengan penyaluran bantuan sebelumnya, yakni dapat melalui kantor pos dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

Artikel Asli