IHSG Berpotensi Menguat, Simak Bocoran Saham Hari Ini

Ekonomi | sindonews | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 08:13
IHSG Berpotensi Menguat, Simak Bocoran Saham Hari Ini

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini. Pergerakan indeks akan berada di kisaran 6.013-6.085.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG kembali kuat rebound pada level support MA5 dan whipsaw pada level MA20. Pergerakan selanjutnya berpotensi menguji bearish trend dan resistance 6.062 sebagai konfirmasi arah pergerakan selanjutnya.

"Indikator stochastic dan RSI bergerak pada momentum bullish mengiringi pergerakan MACD yang menjenuh dan berpotensi cross over pada histogram yang mulai bergerak positif. Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatannya dengan support resistance 6.013-6.085," ujar Lanjar dalam risetnya, Rabu (7/7/2021).

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya; AALI, ADRO, AKRA, BFIN, BRPT, BSDE, DOID, ERAA, INTP, JPFA, MAIN, MEDC, SIMP, SMGR, TINS, UNTR.

Sebelumnya, IHSG ditutup naik 41,50 poin atau 0,69 persen ke level 6.047 dengan saham-saham disektor teknologi (+3.01%), Barang Baku (+2.58%) dan Energy (+2.56%) memimpin penguatan indeks sektoral. Saham ITMG (+10.54%), UNTR (+2.60%), INTP (+4.18%), ANTM (+10.71%, INCO (+4.01%) yang naik optimis mampu menahan IHSG di zona positif hingga akhir sesi perdagangan.

Saham-saham yang related dengan komoditas energy dan logam menjadi leader penguatan mengiringi naiknya harga komoditas tersebut. Investor asing melakukan aksi jual bersih sebesar Rp174,75 miliar dengan saham TLKM, BFIN, AMRT dan TBIG yang menjadi top net sell value.

Sementara itu, Bursa Asia ditutup bervariasi dengan indeks Nikkei (+0.16%) dan TOPIX (+0.28%) naik di Jepang sedangkan indeks HangSeng (-0.25%) dan CSI300 (-0.05%) turun. Kontrak berjangka ekuitas AS stabil pada hari selasa karena investor menimbang lonjakan minyak mentah terhadap prospek inflasi dunia setelah terdapat gangguan dalam pembicaraan pasokan OPEC+

Bursa Eropa membuka perdagangan dengan melemah. Indeks FTSE (-0.19%), DAX (-0.45%) dan CAC40 (-0.39%) turun ditengah kenaikan harga minyak dunia yang mengancam pertumbuhan inflasi yang lebih cepat. Minyak melonjak setelah pertarungan antara anggota OPEC+ Arab Saudi dan Uni Emirat Arab memblokir peningkatan pasokan minyak. Investor menilai potensi konflik yang meningkat menjadi perang harga yang dapat menghambat pemulihan ekonomi global.

Selanjutnya investor akan menanti data risalah FOMC pada hari rabu dan pertemuan menteri keuangan G20 di Venesia hari Jumat. Dari dalam negeri investor akan menanti data cadangan devisa yang diperkirakan meningkat.

Artikel Asli