Erick Thohir Pastikan Listrik PLN Bantu Operasional RS dan Pabrik Oksigen

Ekonomi | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 08:08
Erick Thohir Pastikan Listrik PLN Bantu Operasional RS dan Pabrik Oksigen

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIP2B) Jawa, Madura, Bali milik PT PLN (Persero) pada, Selasa malam (6/7/2021). Dirinya ingin memastikan kinerja sistem kelistrikan untuk mendorong operasional pabrik oksigen.

Erick didampingi Tim Kementerian BUMN dan langsung memantau sejumlah sistem operasional kelistrikan, seperti mezzanine atau alur listrik.

"Saya datang ke sini bukan mau marah-marah, mau aneh-aneh, saya ingin mensupport, memastikan kondisi apa yang ingin kita bantu. Alhamdulillah, tadi saya ke sini ngerti, oh renewable energy sudah disiapkan PLN, salah satunya monitoring ini harus diubah," ujar Erick saat bertemu dengan General manager UIP2B Jawa, Madura, Bali di lokasi, Selasa (6/7/2021).

Mantan Bos Inter Milan itu meminta agar kondisi listrik UIP2B Jawa, Madura, Bali bisa mendorong kinerja perusahaan oksigen. Sebab, dalam beberapa kali pertemuan dengan manajemen perusahaan oksigen ada sejumlah keluhan perihal sistem kelistrikan.

"Yang mau saya cek dengan kondisi seperti ini, tentu kepastian listrik diperlukan, ada rumah sakit, pabrik oksigen, nah beberapa kali saya rapat ada keluhan dari pabrik oksigen," katanya.

Kementerian BUMN bersama PT PLN (Persero) akan melakukan kerjasama dengan perusahaan oksigen. Tujuannya, agar supply oksigen untuk keperluan rumah sakit tetap terpenuhi dengan baik. Rencananya, kerja sama itu dimulai dengan agenda video konferensi.

"Saya sudah menawarkan dengan pabrik oksigen saya telpon pak Zul, Pak Dirut tadi pagi, kita video konferensi antara PLN dan pabrik oksigen dengan saya, kita terbuka untuk menyampaikan, inikan ada isu, tetiba saya di kontak, ini kedip, kalau saya tahu kedip- kedipan Pak, karena PLN kedip, pabriknya sendiri terhenti, tetapi penyampaian teman-teman PLN kepada saya," ungkap dia

Sementara itu, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mencatat, pentingnya pasokan oksigen untuk kebutuhan medis penting dalam situasi pandemi Covid-19. Pernyataan tersebut sekaligus merespon langkah Menteri BUMN Erick Thohir tang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban (UIP2B) Jawa, Madura dan Bali di Depok, Jawa Barat.

Dia mencatat, pentingnya pasokan oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19 dalam negeri, sudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri perindustrian Arifin Tasrif bersama PLN dan Produsen oksigen di Jawa dan Bali.

Artikel Asli