Pengusaha Mal Rugi Miliaran Rupiah Imbas PPKM Darurat

Ekonomi | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 06:41
Pengusaha Mal Rugi Miliaran Rupiah Imbas PPKM Darurat

JAKARTA - Pelaku usaha pusat perbelanjaan atau mal menjerit adanya PPKM Darurat. Pasalnya, selama PPKM Darurat mal harus tutup dan hanya supermarket, gerai makanan dan apotek yang boleh buka dengan syarat.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang Raya Suwanto mengatakan, hingga PPKM Darurat di hari keempat, sudah miliaran Rupiah kerugian yang diderita para pelaku pengelola pusat perbelanjaan. Hal ini belum termasuk estimasi kerugian yang sebelumnya terjadi selama masa PSBB tahun lalu yang belum terbayarkan lunas.

"Saya enggak ngitung kalau pasti miliaran lah kalau kami hitung, kayak omzet Hypermart turun drastis, Hypermart seharinya, sudah ratusan juta. Belum matahari ratusan juta per hari, belum tenant kecil, KFC, pasti secara mengalami penurunan kan nggak boleh dine in, tapi secara spesifik belum ngitung, tapi ittu pasti dampaknya bagi kami," ujar Suwanto saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia.

Suwanto menambahkan, ada beberapa tenant yang juga mengalami gagal bayar dan menunggak utang imbas menurunnya omzet penjualan. Hal ini yang juga berpengaruh terhadap dinamika perekonomian mal di Malang raya.

Artikel Asli