MSIN Pertahankan Posisi Sebagai Media Sosial Terbesar di Indonesia

inewsid | Ekonomi | Published at 28/06/2021 08:30
MSIN Pertahankan Posisi Sebagai Media Sosial Terbesar di Indonesia

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), mempertahankan posisinya dalam operasi media sosial terbesar di Indonesia melalui Youtube, Facebook dan TikTok.

Pada Mei 2021, performa MSIN di Youtube adalah yang terbesar di Indonesia dengan 136 juta subscribers dan 43 miliar views. Kemitraan dengan Facebook, yang dimulai pada Juli 2020, dengan cepat menghasilkan 2,4 miliar views dengan 52 juta followers hingga saat ini. Terakhir, kolaborasi terbarunya dengan TikTok yang dimulai pada September 2020, telah mengumpulkan lebih dari 64 juta followers.

"Secara keseluruhan, MSIN memiliki salah satu basis media sosial terbesar secara global dengan total 253 juta subscribers/followers dan 45,4 miliar views di ketiga platform media social tersebut," kata Direktur MSIN, Valencia Tanoesoedibjo, dalama keterangannya, Senin (28/6/2021).

Berdasarkan database Media Sosial MSIN 20182021 (ytd Mei 2021), Unit Manajemen Artis perseroan paling dominan dengan melibatkan 400 artis di bawah kontrak eksklusif dari berbagai kategori talenta, yaitu penyanyi, presenter, aktor, aktris, komedian, koki, pesulap, dan influencer.

Valencia Tanoesoedibjo mengungkapkan,MSIN memiliki kepastian dalam mendapatkan talenta-talenta baru secara berkala melalui kerja sama eksklusif dengan program pencarian bakat milik MNCN, bertindak sebagai pengelola talenta resmi untuk semua finalis acara tersebut.

Jaringan multi-channel network (MCN) milik MSIN, yang memungkinkan perseroan memonetisasi konten format pendek yang diproduksi oleh content creator pihak ketiga di media sosial, juga berkembang pesat dengan 136 juta subscribers dan lebih dari 43 miliar views per Mei 2021.

Hingga saat ini, MSIN memiliki 91 talent MCN di bawah manajemennya dan ini akan meningkat secara signifikan selama beberapa tahun ke depan.

MSIN juga mencatat performa konten drama yang tangguh. Rumah produksi drama terbesar di Indonesia, MNC Pictures, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh MSIN, melanjutkan performa program drama yang mendominasi program-program terbaik, yang menempatkan 6 dari 10 program drama pada Top 10 program drama yang paling banyak ditonton hingga saat ini.

Poin penting lainnya, serial drama peringkat 1, yang bernama Ikatan Cinta telah mencatat rekor tertinggi baru dalam pencapaian rating dan pangsa pemirsanya pada tanggal 20 Juni 2021 dengan masing-masing 15,4 persen dan 54,5 persen.

Dari sisi kemampuan produksi, MNC Pictures juga memimpin industri dengan mengukuhkan posisinya sebagai produsen
drama paling produktif di Indonesia dengan pangsa pasar lebih dari 40 persen, mewakili 1.851 jam konten drama yang diproduksi dari Januari hingga 13 Juni 2021 (sumber: MNC Internal Research) :

Lima posisi terbesar untuk konten drama di Indonesia, semuanya dipegang oleh drama produksi MNC Picture yang ditayangkan di RCTI, yakni :
1. IKATAN CINTA
2. AMANAH WALI 4
3. PREMAN PENSIUN 5
4. AMANAH WALI 5(R)
5. AMANAH WALI 5

Menurut Valencia Tanoesoedibjo, berbagai pemain distribusi global telah menyadari potensi pasar yang sangat besar dari Industri media di Indonesia. MSIN melihat ini sebagai peluang besar untuk terus memperluas distribusi kontennya melalui lisensi konten, monetisasi IP, dan produksi konten orisinil.

"Penting untuk disadari bahwa konten animasi Perseroan yang kini telah ditonton lebih dari 60 negara, membuktikan kemampuan MSIN dalam kompetensi distribusi konten berskala global," ujar Valencia Tanoesoedibjo.

Dia mengungkapkan, monetisasi IP dapat menjadi bisnis besar di masa depan karena kinerja luar biasa dari konten live action dan animasi yang diproduksi oleh Perse roan. Baru-baru ini, salah satu IP animasi dilisensikan untuk produksi mainan dan diterima dengan baik oleh pasar. Dalam satu minggu, pemegang lisensi menerima pesanan lebih dari 2 juta.

Kreativitas terletak di tengah semua strategi kami dan investasi kami dalam konten berkualitas mendorong pertumbuhan pendapatan di seluruh lini bisnis Perseroan," tutur Valencia Tanoesoedibjo.

Dengan memproduksi dan memiliki konten/IP, lanjutnya, perseroan dapat menumbuhkan aliran pendapatan baru dengan memanfaatkan konten tersebut di berbagai platform, baik untuk platform gratis maupun berbayar.

"Bisnis konten kami sekarang telah memberikan kesuksesan yang konsisten di bawah kepemimpinan kreatif yang solid dan saya yakin ini akan berlanjut di masa mendatang. Kami telah membuat langkah besar dalam menciptakan bisnis yang lebih baik dan kami akan terus melakukan peningkatan lebih lanjut di seluruh operasi MSIN pada tahun 2021, kata Valencia Tanoesoedibjo.

Artikel Asli