5 Fakta Menarik BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair, Eh Pelaku Usaha Diam Doang

okezone | Ekonomi | Published at 28/06/2021 05:05
5 Fakta Menarik BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair, Eh Pelaku Usaha Diam Doang

JAKARTA - BLT UMKM Rp1,2 juta sudah cair kembali. BLT UMKM cair untuk 9,8 juta pelaku usaha yang sudah terdaftar di tahap I maupun II.

Sementara untuk penambahan BLT UMKM untuk 3 juta pelaku usaha Rp3,6 triliun masih menunggu restu yang punya anggaran Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Di sisi lain, pelaku usaha diminta melapor jika BLT UMKM sudah cair. Asosiasi mengeluhkan UMKM tidak melapor jika BLT UMKM sudah diterima. Hal ini yang menimbulkan data ganda penerima.

Berikut fakta-fakta menarik soal BLT UMKM cair, pelaku usaha harus lapor seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Senin (28/6/2021).

1. BLT Cair, UMKM Jangan Hanya Diam

Ketua DPD Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Sumatera Selatan Masayu Lela mengatakan, para penerima BLT UMKM sengaja diam bila menerima dana bantuan. Hal ini dicurigainya karena banyak yang memanfaatkan kisruh data ganda sehingga terjadi beberapa kali penyaluran.

"Harusnya langsung bicara bila sudah menerima dana bantuan UMKM. Tapi biasanya hanya bicara kalau belum terima. Tapi kalau sudah cair, langsung pada diam. Ini semakin berisiko karena juga ada data ganda," ujar Masayu saat dihubungi Okezone.

2. BLT UMKM Sudah Cair

Ketua DPD Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Sumatera Selatan Masayu Lela mengkonfirmasi bantuan UMKM dari Kemenkop UKM sudah cair di wilayah Sumatera Selatan. Sebagian besar diterima oleh pelaku UMKM di kota Palembang. Sementara di daerah lainnya masih ada yang belum menerima seperti di Musi Banyuasin.

Artikel Asli