Kemenparekraf Patahkan Asumsi Pelaku Usaha Kecil tidak Bisa Masuk Bursa

Ekonomi | okezone | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 12:21
Kemenparekraf Patahkan Asumsi Pelaku Usaha Kecil tidak Bisa Masuk Bursa

JAKARTA - Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif didorong mencari alternatif pendanaan melalui pasar modal Indonesia. Kemnterian Pariwisata pun melakukan koordinasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) guna mengenalkan pasar modal pada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ini merupakan usaha kami bersama BEI untuk memperkenalkan bahwa pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif bisa masuk ke pasar modal, bahwa pasar modal ini bisa menjadi salah satu alternatif pembiayaan untuk mengembangkan usaha," ujar Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Hanifah Makarim, dalam acara "Bincang Pasar Modal" secara virtual, Jumat (28/5/2021).

Dia menambahkan, kurangnya minat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk masuk ke pasar modal karena adanya asumsi usaha kecil dan menengah tidak bisa mengakses Bursa.

"Tapi nyatanya tidak, bisa kok, nyatanya pelaku usaha dengan modal yang tidak terlalu besar pun bisa masuk ke pasar modal," kata dia.

Dia juga menegaskan bahwa pelaku usaha UMKM bisa memanfaatkan pasar modal untuk mendapatkan sumber pembiayaan, karena sumber pembiayaan bukan hanya berasal perbankan dan modal ventura.

"Terkait dengan pasar modal ini bapak ibu bisa mendapat informasi kenapa mesti melantai di Bursa, pasar modal ini bisa dijadikan salah satu alternatif. Kita harus mulai dari sekarang, kalau kita tidak mulai tentunya kita tidak akan menuju ke sana," ucapnya.

'
Artikel Asli