Kisah Orang Terkaya: Cai Kui, Cerai dari Mantan Istri Malah Jadi Miliarder Dunia

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 11:00
Kisah Orang Terkaya: Cai Kui, Cerai dari Mantan Istri Malah Jadi Miliarder Dunia

Cerai dari mantan istri membawa pria ini menjadi miliarder dunia. Ialah Cai Kui, pengusaha asal China yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Cai Kui menjadi sosok di balik kesuksesan Longfor Properties, perusahaan real estat raksasa di Asia.

Sementara itu, sang mantan istri, Wu Yajun menduduki peringkat sebagai wanita terkaya di China. Bersama, Cai, keduanya telah mengarahkan perusahaan lebih besar lagi.

Setelah menyelesaikan studi Bachelor of Arts and Science dari Nanjing University of Aeronautics and Astronautics, Cai menikah dengan Wu Yajun dan ikut mendirikan perusahaan bernama Longfor Properties. Usai Longfor Properties meraksasa, nama Cai sangat cemerlang di bidang pengembangan real estat.

Longfor Properties memulai debutnya di Bursa Efek Hong Kong pada tahun 2009, dan kekayaan bersih Cai dan Wu saat itu melonjak USD5 miliar (Rp71,4 triliun). Berkantor pusat di Bejing, hari ini, kapitalisasi pasar perusahaan ini adalah USD7,64 miliar (Rp109 triliun).

Wu Yajun dan Cai Kui bercerai pada tahun 2012. Segera setelah itu Cai menjadi miliarder sendiri. Meski tidak jelas kapan pasangan itu benar-benar mengajukan gugatan cerai, namun ada spekulasi bahwa di salah satu pengungkapan perusahaan, struktur kepemilikan tersebut telah dihapus.

Usai cerai pun, Cai tidak lagi menjadi eksekutif di perusahaan, namun ia mendirikan Junson Capital di Hong Kong pada tahun 2013. Hari ini, harta kekayaannya mencapai USD9,8 miliar (Rp140 triliun).

(kurs Rp14.311/USD)

Artikel Asli