Bappenas Akselerasi Transformasi Digital

Ekonomi | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 09:29
Bappenas Akselerasi Transformasi Digital

JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas sedang menyiapkan strategi untuk mendorong transformasi digital guna meningkatkan penggunaan teknologi berbasis digital serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan rendah karbon (ekonomi hijau).

Strategi yang tercantum dalam Major Project Transformasi Digital ini juga memastikan komitmen kementerian/lembaga dalam mendukung percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, pemanfaatan pada sektor-sektor strategis, serta enabler transformasi digital dengan prinsip kedaulatan dan kemandirian digital.

"Transformasi digital ini penting dalam konteks transformasi ekonomi yang sesuai amanat Presiden untuk didorong dan dipercepat. Bahkan, kami diminta melihat beberapa daerah yang bisa menjadi contoh dan kemudian direplikasi ke daerah lain," kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat Pembahasan Multi Pihak Major Project Transformasi Digital dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022 di Jakarta, Kamis (27/5).

Dia memastikan strategi itu mengoordinasikan perencanaan dan penganggaran pembangunan sepuluh Sub Major Project yaitu akses dan infrastruktur, layanan pemerintahan, pendidikan, kesehatan, perdagangan, perdesaan, koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), digitalisasi bantuan sosial, Industri 4.0, literasi digital masyarakat, sumber daya digital Indonesia, dan keamanan siber.

"Transformasi digital ini ada intervensi dari beberapa kementerian/lembaga, kami ingin melihat seberapa jauh kementerian/ lembaga, seberapa confirm dengan program sampai pagu indikatifnya, serta konvergen atau tidak dengan program yang di-lead oleh Kemenkominfo, jangan sampai tidak sinkron," kata Suharso.

Artikel Asli