Terungkap! Ini Penyebab Kaltim Alami Blackout

Ekonomi | okezone | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 09:29
Terungkap! Ini Penyebab Kaltim Alami Blackout

BALIKPAPAN - Blackout atau pemadaman listrik di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan terjadi sepanjang hari Kamis 27 Mei 2021 hingga malam hari pukul 20.51 Waktu Indonesia Tengah (Wita) menjadikan jutaan pelanggan terdampak dan menanggung kerugian.

Sebagian wilayah Balikpapan masih gulita bersama sejumlah daerah di Kaltim seperti kota Samarinda, Tenggarong, Bontang, dan Sangatta, pasokan listrik terhenti sejak pukul 13.29 Wita. Gangguan serupa juga terjadi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

xe2x80x9cPenyebab utamanya adalah lepasnya sistem interkoneksi, penghubung, antara Kalsel dengan Kaltim, karena terganggunya transmisi dari Gardu Induk Tengkawang dan Gardu Induk Embalut," jelas General Manager (GM) Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (UIW Kaltimra) Saleh Siswanto, Kamis petang seperti dilansir Antara, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Lepasnya sistem koneksi ini membuat Sistem Mahakam di Kalimantan Timur dan Sistem Barito yang melingkupi Kalimantan Selatan dan sebagian Kalimantan Tengah kekurangan daya karena daya dari beberapa pembangkit tidak tersalur.

Karena ini sebagian pelanggan di wilayah tertentu listriknya padam sementara itu dalam beberapa jam sebagian yang lain mulai pulih dan mendapat tegangan kembali.

"Sistem distribusi kami dari Balikpapan sampai Sangatta padam, kecuali Tanjung Redeb, Berau, yang isolated, atau berada di luar Sistem Mahakam," lanjut Saleh.

'
Artikel Asli