Luhut Sebut Indonesia Masih Bergantung Produk Luar Negeri untuk Industri

harianhaluan | Ekonomi | Published at 07/05/2021 08:57
Luhut Sebut Indonesia Masih Bergantung Produk Luar Negeri untuk Industri

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu cara agar Indonesia tidak lagi bergantung dengan produk luar negeri adalah dengan meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri untuk barang keperluan industri.

"Hari ini saya duduk kembali bersama lintas kementerian terkait dan asosiasi industri mendengarkan juga mengevaluasi program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) ini," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam sebuah postingan Instagram, Jumat (7/5/2021), dikutip dari CNBC Indonesia.

Dia meminta agar pemerintah, BUMN, BUMD, badan usaha dan pemangku kepentingan lainnya ' wajib' menggunakan produk dalam negeri dan mendukung program P3DN, sesuai arahan presiden. Hal ini guna menggerakkan roda perekonomian nasional.

Implementasi P3DN dianggap masih belum sesuai ekspektasi, sehingga menjadi persoalan yang belum terpecahkan. Luhut mau tegas baik di pihak pemerintah maupun swasta untuk memakai produk dalam negeri.

"Saya minta agar pengaturan definisi desain dari local content atau brand produk bangsa dihargai. Pengusaha harus bisa bersaing dari kualitas maupun harga," jelas Luhut.

Dalam kalimat terakhirnya dia meminta kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terlibat mengaudit semua badan usaha. Mana saja yang tidak menerapkan TKDN supaya diberi sanksi.

"Yang tidak menerapkan agar dapat segera diberikan sanksi hingga pencopotan jabatan, kalau semua bersinergi tujuan bisa tercapai yaitu multiplier effect yang tinggi. Indonesia mandiri dan tidak tergantung pasokan produk luar negeri," jelas Luhut. (*)

Artikel Asli