Sejumlah Perusahaan Top Indonesia Apresiasi Layanan Grab for Business

jawapos | Ekonomi | Published at 05/05/2021 10:49
Sejumlah Perusahaan Top Indonesia Apresiasi Layanan Grab for Business

JawaPos.com – Grab Indonesia dalam meningkatkan pelayanan pada perusahaan dalam negeri terus memperkuat layanan Grab for Business. Salah satunya dengan mengadakan acara tahunan, Grab Business Forum (GBF) 2021 bertemakan ‘Driving Digital Transformation and Business Forward’.

Selain mengadakan forum, Grab sendiri juga menyediakan berbagai solusi digital. Tentu hal ini dirancang agar para karyawan dapat melakukan pekerjaannya dengan orientasi menjaga efisiensi, kontrol, produktivitas serta mengusahakan tercapainya agility perusahaan selama pandemi.

Serangkaian solusi digital terbaru ini meliputi GrabProtect, GrabFood for Business, GrabExpress Same Day dan GrabGifts yang dapat mendukung kampanye marketing perusahaan dan Grab Digital Business untuk mempermudah akses terhadap berbagai produk digital.

Adapun dalam GBF 2021, Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Sjahrir menyampaikan bahwa pandemi ini telah mengubah pola perilaku masyarakat dan menciptakan irreversible trend , yakni masyarakat menjadi lebih terintegrasi pada layanan online di setiap lini kehidupan.

“Dalam 12 hingga 18 bulan ke depan, sektor infrastruktur, teknologi keuangan dan logistik e-commerce diperkirakan menjadi sektor yang paling cepat untuk bangkit,” jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (04/05).

Sebagai pengguna layanan Grab for Business, Shariah & Sustainability Finance Director Bank Danamon Indonesia, Herry Hykmanto percaya bahwa bisnis akan bisa terus bergerak apabila perusahaan memprioritaskan keamanan dan kesehatan para karyawan.

“Hal ini dicerminkan lewat kerjasama dengan Grab dalam menyediakan transportasi yang aman untuk karyawan kami yang masih bekerja ke kantor maupun mengunjungi nasabah dan mitra bisnis kami,” imbuhnya.

Kemudian, Direktur Transformasi Bisnis PT Pertamina Bina Medika IHC, Antonius Rainier Haryanto juga menekankan prioritas dalam menyediakan layanan kesehatan bagi para pasiennya. Pasalnya, banyak penderita penyakit kronis dan berumur lanjut yang memiliki riwayat penyakit dan mempunyai tingkat kebutuhan tinggi atas pelayanan kesehatan dan obat-obatan.

“Kami melihat Grab for Business melalui jaringannya dan kepastian diberikannya proteksi kesehatan, kami menggunakan GrabCar Protect untuk mengantarkan dan menjemput tenaga-tenaga medis yang kami tugaskan untuk memberikan pelayanan home care. Kami juga bekerjasama dengan GrabExpress untuk pengiriman obat yang tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menyatakan bahwa pengembangan fitur dalam peningkatan skala UMKM Indonesia dan penyedia layanan logistik menjadi salah satu aspek penting dalam melayani mitra-mitra UMKM.

“Grab menjadi salah satu mitra kami sebagai penyedia layanan pengantaran di online marketplace untuk pelayanan same day delivery. Selain itu, Grab Digital Business juga menyediakan akses pada produk-produk digital yang dapat ditawarkan kepada para mitra Bukalapak. Ekosistem Grab juga bisa mendapatkan manfaat dari jejaring warung-warung mitra Bukalapak untuk membeli produk yang sebelumnya hanya ada di Grab, seperti voucher mitra pengemudi Grab,” tambahnya.

Sebagai informasi, berikut sejumlah pembaruan layanan baru Grab for Business:

1. Perjalanan Bisnis Terpadu Sejak peluncuran perdananya pada 2016, Grab for Business telah menyediakan solusi transportasi terintegrasi untuk perusahaan, dimulai dari GrabCar, GrabBike, dan GrabRental untuk para karyawan perusahaan.

Di tengah situasi saat ini, Grab for Business turut menghadirkan GrabProtect, solusi mobilitas yang menawarkan perlindungan ekstra bagi karyawan yang masih harus bekerja di luar rumah, yang dapat membantu perusahaan dalam memastikan keamanan karyawannya.GrabCar Elektrik juga tersedia sebagai pilihan perusahaan untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

2. Layanan Pesan-Antar Makanan Perusahaan GrabFood for Business dirancang untuk menciptakan efisiensi bagi pelanggan perusahaan dan karyawannya dalam memesan makanan dan minuman untuk berbagai kebutuhan perusahaan, seperti meeting, training, workshop, reward atau apresiasi untuk karyawan, dan juga biaya konsumsi dalam pelayanan klien. Pemesanan dan pengelolaan makanan menjadi lebih sederhana dengan pilihan pemesanan dalam jumlah besar, pemesanan paralel dan pemesanan terjadwal untuk perusahaan.

3. Layanan Pengiriman Bisnis Dengan permintaan pengiriman yang semakin tinggi, perusahaan tengah mencari opsi layanan pengiriman paket dan dokumen dengan harga yang terjangkau ke berbagai lokasi dan jarak yang lebih jauh. Guna menjawab kebutuhan perusahaan, Grab for Business meluncurkan GrabExpress Sameday, pilihan layanan pengiriman yang lebih ekonomis dan dapat mengantar barang dalam waktu 6 jam pada hari yang sama.

Layanan ini merupakan pilihan tambahan selain GrabExpress Instant yang menawarkan pengantaran tiba di tujuan dalam 2 jam.

4. Pemberian Hadiah dan Apresiasi GrabGifts turut mempermudah perusahaan untuk mendukung produktivitas karyawannya dengan memberikan voucher GrabGifts (transportasi dan makanan) sebagai bentuk apresiasi bagi para karyawannya yang telah bekerja keras pada masa yang penuh tantangan ini. Selain itu, GrabGifts juga dapat mendukung kampanye digital perusahaan melalui GrabGifts yang dapat disesuaikan dan dipersonalisasi, mencakup berbagai layanan Grab untuk product bundling, akuisisi, atau program retensi.

5. Akses ke Produk Digital Dengan Grab Digital Business, perusahaan dapat dengan mudah memperluas penawaran produk digitalnya kepada pelanggan. Dengan koneksi Single Application Programming Interface (API) di sistem Grab Digital Business, perusahaan dapat mengintegrasikan berbagai produk digital seperti, pulsa, paket data, pembayaran tagihan, dan voucher mitra pengemudi Grab ke dalam platform mereka.

Contohnya, perusahaan ecommerce dapat memilih untuk mengintegrasikan pulsa dan pembayaran tagihan dari Grab Digital Business untuk menyediakan produk tersebut kepada konsumen mereka.

6. Platform Extension Web Booking dan Portal Grab for Business dapat diintegrasikan atau ditambahkan di portal perusahaan sehingga mereka dapat dengan mudah melacak dan mengelola operasionalnya dalam satu platform saja. Sebagai contoh, berbagai layanan dari Grab for Business telah diintegrasikan ke Portal Bela Pengadaan, platform pengadaan digital milik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Sebagai wujud dari komitmen Grab for Business untuk melayani perusahaan, Grab juga telah menyelenggarakan Grab Business Forum 2021, acara yang diperuntukkan bagi para perusahaan dan mengusung berbagai topik mengenai “Driving Digital Transformation and Business Forward”.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Grab for Business, silahkan kunjungi https://www.grab.com/id/business/ dan untuk menambahkan profil bisnis di akun Grab anda, silahkan kunjungi https://www.grab.com/id/business-blog/business-news/business-profile/.

Artikel Asli