Cerai dari Bill Gates, Melinda Bakal Jadi Perempuan Terkaya Kedua di Dunia

inewsid | Ekonomi | Published at 05/05/2021 10:50
Cerai dari Bill Gates, Melinda Bakal Jadi Perempuan Terkaya Kedua di Dunia

SEATTLE, iNews.id - Bill Gates dan istrinya, Melinda sepakat bercerai. Perpisahan pasangan tajir tersebut bakal membuat Melinda menjadi perempuan terkaya kedua di dunia.

Dikutip dari The Guardian, Rabu (5/5/2021), Melinda berpotensi memperoleh separuh dari harta Bill Gates. Kekayaan Melinda bisa mencapai 73 miliar dolar AS atau lebih dari Rp1.000 triliun.

Dalam gugatan cerai yang disampaikan ke Pengadilan Seattle, Melinda mengatakan, pernikahannya dengan Bill Gates sudah hancur. Dia pun meminta pengadilan untuk membagi harta kekayaan Gates yang mencapai 146 miliar dolar AS.

Pembagian harta gono-gini 50:50 berpeluang terjadi karena Bill dan Melinda tak meneken perjanjian pranikah, sehingga tak ada kesepakatan apa pun soal pembagian harta saat berpisah. Berdasarkan hukum Negara Bagian Washington, pasangan yang bercerai harus membagi hartanya sama besar.

Jika terjadi, maka Melinda akan berada di posisi kedua sebagai perempuan terkaya di dunia. Peringkat pertama diduduki oleh Francoise Bettencourt Meyers, pewaris kerajaan bisnis L'Oreal dengan kekayaan 83 miliar dolar AS.

Perceraian Bill dan Melinda juga memicu tanda tanya soal masa depan yayasan yang dibangun keduanya. Bill & Melinda Gates Foundation dengan 1.600 orang pekerja itu memiliki berbagai proyek senilai 50 miliar dolar AS yang tersebar di 135 negara. Aset yayasan diperkirakan mencapai 43 miliar dolar AS.

"Karena Gates Foundation adalah yayasan keluarga dan keluarganya kini tercerai berai, perceraian mungkin berdampak pada yayasan dan program di seluruh dunia," kata Profesor Ilmu Politik Stanford University, Rob Reich.

Selain uang melimpah, keluarga Gates memiliki seluas lebih dari 6.000 meter persegi di tepi Danau Washington senilai 130 juta dolar AS. Di samping itu, ada juga vila pantai dekat San Diego senilai 43 juta dolar AS, peternakan di Florida 53 juta dolar AS, dan peternakan di Wyoming seluas hampir 200 hektare.

Tak hanya properti, pasangan ini jua memiliki beberapa jet pribadi dan mobil mewah, seperti Porsche 959 langka senilai 2 juta dolar AS dan mobil listrik Taycan. Rumah utama mereka tercatat memiliki garasi yang menampung hingga 23 mobil.

Artikel Asli