Nasib Tol JORR 3, BPJT: Masih Kajian, Belum Ada yang Mulai Lelang

inewsid | Ekonomi | Published at 05/05/2021 08:38
Nasib Tol JORR 3, BPJT: Masih Kajian, Belum Ada yang Mulai Lelang

JAKARTA, iNews.id - Rencana pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III kembali mencuat. Isu tersebut mengemuka setelah ruas-ruas tol JORR II ditargetkan rampung pada pertengahan 2022.

"Masih banyak yang dikaji terkait JORR 3," ujar Pelaksana Harian Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin, Selasa (4/5/2021).

Soal trase, Nurdin enggan membocorkan usulan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). "Trasenya sebagian seperti Sentul-Karawang yang masih dalam tahap kajian. (JORR 3) ini belum ada yang mulai lelang, semua masih dalam tahap kajian," katanya.

Nurdin menilai, persiapan JORR III masih panjang. Sebelum lelang, BPJT harus melakukan tahapan Prakualifikasi rencana tol JORR 3.

Kepala BPJT Danang Parikesit sebelumnya mengatakan bahwa BPJT berencana melelang pekerjaan untuk tol JORR 3 pada tahun ini. Menurut Danang, akan ada lima ring yang akan melayani wilayah tersebut.

Saat ini Kementerian PUPR masih fokus pada penyelesaian tol JORR 2. Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 km yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas.

Sebanyak tiga ruas tol JORR 2 telah rampung, antara lain Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Kunciran-Serpong (11,19 km), dan Serpong-Cinere (10,1 km).

Sementara untuk Tol Cimanggis-Cibitung baru beroperasi Seksi 1 yakni ruas Cimanggis-Transyogi sepanjang 2,8 km yang telah beroperasi sejak 28 November 2020.

Sedangkan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Interchange Cibitung - Interchange Telaga Asih diharapkan dapat beroperasi paling lambat Juni tahun ini.

Artikel Asli