Apa Itu Social Media Management?

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 22 April 2021 - 12:40
Apa Itu Social Media Management?

Sebagai seorang yang bertanggung jawab terhadap pemasaran di media sosial, Anda akan menjalani kehidupan yang super sibuk. Anda perlu membangun strategi yang efektif dan mengawasi beberapa akun media sosial. Kemudian, Anda juga perlu mengetahui peluang baru untuk setiap pertumbuhan pemasaran, dan melaporkan kinerja Anda semua, sehingga mungkin Anda akan bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu yang sempit.

Jika itu semua dirasa belum cukup menantang, tim media sosial Anda tentu saja pasti akan berkembang. Ini berarti Anda memerlukan pengetahuan manajemen yang solid untuk membangun alur kerja yang efisien dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Kita semua tahu hal itu bisa membuat Anda kewalahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai apa itu social media management , platform media sosial terbaik untuk bisnis Anda dan beberapa alat bantu untuk menunjang kampanye social media management .

Mari Mengenal Social Media Management

Social media management adalah proses membuat, menerbitkan, dan menganalisis konten yang Anda posting di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, serta terlibat dengan pengguna di platform tersebut. Anda dapat merampingkan manajemen media sosial dengan beragam tools yang rata-rata diakses secara berbayar, serta layanan manajemen media sosial profesional.

Memilih Platform Social Media Management yang Tepat

Sebelum Anda dapat mulai menyusun rencana atau strategi untuk memanajemen media sosial, Anda perlu mempertimbangkan apa platform media sosial terbaik untuk bisnis Anda.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang berbagai platform dan manfaat apa yang dapat mereka berikan kepada bisnis Anda:

Facebook

Facebook memiliki hampir 2,7 miliar pengguna aktif bulanan yang berasal dari berbagai latar belakang. Dalam hal basis pengguna Facebook, ada keseimbangan yang baik antara jenis kelamin dan kelompok usia. Ini menjadikannya platform media sosial terbaik bagi bisnis yang mencoba menjangkau audiens yang lebih luas.

Instagram

Instagram adalah saluran media sosial terbaik untuk sebuah brand yang membuat banyak konten visual. Audiens dari Instagram cenderung berada di segmen anak muda dengan lebih banyak pengguna wanita daripada pengguna pria.

Instagram bisa menjadi platform yang bagus bagi bisnis yang menjual produk atau layanan yang berkaitan dengan fashion, gaya hidup, seni, atau industri yang berfokus pada bidang visual lainnya.

Twitter

Twitter memiliki 321 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan cenderung menjadi tempat bagi pengguna untuk mencari berita dan tren terkini. Platform ini sangat ideal bagi merek yang ingin bergabung dalam percakapan tentang suatu topik yang sedang tren di industri mereka.

Twitter juga merupakan tempat yang tepat untuk berbagi konten dengan influencer dan individu lain yang mungkin menganggap brand Anda memiliki nilai lebih.

LinkedIn

LinkedIn adalah platform media sosial bagi para brand yang bergerak di industri B2B dan sedang menargetkan bisnisnya di berbagai industri. Dengan LinkedIn, Anda dapat menemukan, berinteraksi, dan berbagi konten dengan orang-orang berdasarkan jenis perusahaan, industri, atau jabatan.

Youtube

YouTube telah menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia setelah Google. Anda dapat mengupload konten video Anda ke saluran ini untuk membantu terlibat dan terhubung dengan audiens Anda.

Dengan sistem hosting video yang tidak terbatas, bisnis Anda dapat memposting konten video sebanyak yang Anda inginkan dan membagikannya ke platform lain.

Pinterest

Pinterest adalah platform terbaik lainnya untuk berbagi konten yang berfokus pada gambar. Platform ini menjadi tempat bagi para konsumen yang tertarik dengan hal berikut ini:

• DIY

• kerajinan tangan

• perbaikan rumah

• nutrisi

• kebugaran

fashion

Jika brand Anda menjual produk atau layanan yang cocok dengan semua itu, maka Pinterest mungkin bisa bermanfaat bagi Anda.

Tools Social Media Management Terbaik

Jika Anda sudah tidak sabar untuk memulai kampanye ini pada media sosial, Anda dapat membuat pengalaman (dan produktivitas Anda) menjadi lebih baik dengan alat bantu pengelolaan media sosial. Untuk bisa mengakses tools ini, Anda harus membayar layanannya, tetapi ini semua dapat membantu Anda untuk bisa menjadwalkan konten, menanggapi komentar, dan masih banyak lagi.

Beberapa alat manajemen media sosial terbaik meliputi:

• Buffer: Tools ini berbayar, namun Buffer dapat membantu Anda untuk bisa mengelola akun media sosial, membuat jadwal posting , menjadwalkan postingan media sosial, dan masih banyak lagi. Plus, ini tersedia sebagai aplikasi seluler untuk membuat pengelolaan media sosial tidak merepotkan.

• Hootsuite: Tools manajemen media sosial ini berbayar, tetapi Hootsuite akan membantu Anda untuk bisa mengelola semua platform media sosial Anda, membalas pertanyaan dan komentar pengguna di seluruh saluran, serta memantau kinerja strategi media sosial Anda melalui analitik.

• CoSchedule: Tools berbayar selanjutnya adalah CoSchedule, yang berfokus lebih dari sekadar mengelola media sosial Anda saja. Tools ini dapat membantu Anda untuk menjadwalkan postingan media sosial, serta buat kalender konten, publikasikan postingan blog, dan masih banyak lagi.

Apakah Social Media Management Itu Penting?

Social media management menawarkan beberapa manfaat bagi bisnis Anda, antara lain:

• Hemat biaya: Berapapun itu anggaran pemasaran Anda, media sosial adalah sebuah kampanye yang hemat biaya. Bergabung dengan jejaring media sosial, memposting konten, menanggapi komentar pengguna, dan banyak lagi bisa Anda lakukan dengan gratis. Bahkan beberapa media sosial memiliki sistem periklanan yang menawarkan saluran yang menguntungkan untuk bisa menjangkau audiens dan membangun followers akun media sosial Anda.

• Jangkauan: Jejaring media sosial, dari Facebook hingga LinkedIn, dapat menghubungkan Anda dengan pengguna di seluruh dunia. Anda juga dapat menggunakan platform media sosial lainnya, seperti Pinterest, untuk menjangkau audiens dengan segmen khusus. Pemasaran dan periklanan tradisional tidak dapat menandingi jangkauan yang bisa dilakukan media sosial. Itulah mengapa social media management menjadi suatu keharusan bagi bisnis online.

• Pengguna: Memasukkan media sosial ke dalam strategi pemasaran Anda memungkinkan Anda untuk bisa menyelaraskan inisiatif pemasaran Anda dengan perilaku pengguna. Misalnya, sekitar 74% orang menggunakan media sosial saat sedang membuat keputusan pembelian. Belum lagi, 80% orang mendapatkan saran tentang suatu pembelian melalui media sosial.

• Kinerja: Pemasar dan pemilik bisnis sama-sama menyetujui seputar manfaat positif dari pemasaran dan periklanan media sosial. Melalui media sosial, perusahaan dapat membangun brand mereka dan bahkan menghasilkan arahan dan penjualan. Hampir 45% pemasar bussiness-to-bussiness (B2B) misalnya, telah mendapatkan klien melalui Facebook.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa didapat dari media sosial, ada baiknya untuk segera mempertimbangkan strategi pemasaran Anda.

Artikel Asli