Ditunjuk Erick Thohir Jadi Bos PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod Punya Prestasi Keren

Ekonomi | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 12:46
Ditunjuk Erick Thohir Jadi Bos PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod Punya Prestasi Keren

JAKARTA, iNews.id - Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang baru saja ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero). Pengangkat Kaharuddin diharapkan mampu membawa bisnis perusahaan galangan kapal itu di kancah dunia.

"Kami berharap dengan adanya penunjukan posisi direksi ini akan membuat PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global," ujar Sekretaris Perusahaan PAL Indonesia, Rariya Budi Harta, dikutip Kamis (22/4/2021).

Lantas siapa sosok Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang? Adapun MNC Portal Indonesia merangkum profil singkat Kaharuddin.

Cerita kehidupan dan latar belakang Kaharuddin sudah dituliskan dalam buku 'Jejak Penjaga Zaman', buah tangan dari Yulianti Kaspul. Dalam ceritanya, Kaharuddin disejajarkan bersama tokoh-tokoh lainnya, seperti Gubernur Anies Baswedan yang diterbitkan secara digital di website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Di usianya yang masih belia 7 tahun, mimpi Kaharuddin saat itu hanya satu, jika dewasa dia hanya ingin membuat kapal. Sebuah kapal yang diimpikan karena dia ingin membawa keluarga dan gurunya pulang ke Makassar, kampung halaman sang ayah, dengan gratis.

Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang lahir di Surabaya pada 14 Maret 1971. Dia mengawali pendidikannya dengan memasuki sekolah dasar di Surabaya, dilanjutkan ke Makassar karena orang tuanya pindah. Ayahnya, Otjan Daud Djenod Daeng Malladja adalah seorang TNI. Ibunya, Roseline Daud, berdarah Madura Jawa.

Kahar, sapaan akrabnya, lulusan dari Nagasaki University Jepang. Di Jepang, Kahar mengambil jurusan perkapalan. Kemudian, melanjutkan S-2 di Hiroshima University dengan jurusan yang sama. Kahar meraih prestasi sebagai mahasiswa terbaik program perkapalan Jepang tahun 1997 dari Shipbuiding and Naval Architecture Association Japan (SNAJ).

Pada Tahun kedua S-3, dia mendapat beasiswa. Dia pun mati-matian berusaha untuk bisa membuat kapal. Ternyata berhasil, dia membuat sistem optimasi desain kapal untuk kapal container. Desain itu lalu dia patenkan dan Jepang tertarik untuk mengadopsi sistem itu.

Beberapa desain yang dipatenkan, antara lain tesis paten adalah Patent Right; Sub-Optim System of Ship Desain on Java, Master Tesis Strength Optimization of Bulk Carrier, dan Doktoral Desertation: Hull Optimazation of Tanker and Bulk Carrier with Combined Method of Neural Network and Genetic Algorithim.

Kahar pun direkrut untuk bekerja di sebuah perusahaan galangan kapal ternama di Jepang dengan gaji cukup besar. Meskipun demikian, panggilan hati kecilnya sangat kuat untuk kembali ke Tanah Air. Hati kecilnya berkata, dia harus kembali ke Indonesia.

Bermodal tabungan dari gajinya, dia lalu mendirikan perusahaan desain kapal yang kini berkembang cukup pesat, PT Terafulk Megantara Design. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2006, kini telah berkembang menjadi grup yang terdiri dari tiga perusahaan. Penamaaan Terafulk berasal dari istilah satuan tera yang berarti triliun dan bahasa Arab al-fulka yang berarti bahtera. Ia terinspirasi dari kitab suci Alquran, surah Hud.

Sebagai orang yang bergelut di perkapalan, Kaharuddin berharap Indonesia bisa bangun dari tidur panjangnya, bangkit menjadi kekuatan maritim di Asia dan dunia, serta bisa lepas dari ketergantungan pada asing. Terafulk yang dikelola Kaharudin merupakan tonggak sejarah industri perkapalan di Indonesia.

Artikel Asli