Peringatan! 11 Ribu Peserta Kartu Prakerja Bakal Dipecat dan Tak Terima BLT

Ekonomi | okezone | Published at Kamis, 22 April 2021 - 07:55
Peringatan! 11 Ribu Peserta Kartu Prakerja Bakal Dipecat dan Tak Terima BLT

JAKARTA - Setiap peserta Kartu Prakerja yang lolos pendaftaran akan mendapatkan Bantuan langsung Tunai (BLT) sebesar Rp3,5 juta. Namun, berdasarkan catatan manajemen, hingga kemarin masih ada sebanyak 11 ribu peserta yang belum membeli pelatihan pertama.

Batas waktu mereka untuk membeli pelatihan daring tersebut ialah hari ini. Artinya, bila mereka tetap mengabaikan perintah untuk mengikuti pelatihan, status kepesertaannya akan dicabut dan kesempatan menerima BLT Rp3,5 juta dipastikan melayang.

"Batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 15 adalah tanggal 22 April 2021 pukul 23.59 WIB," tulis akun Instagram @prakerja.go.id yang dikutip Okezone, Kamis (22/4/2021).

Berdasarkan peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari manajemen.

"Bila lewat dari tanggal tersebut belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaannya dalam program Kartu Prakerja akan dicabut," sambungnya.

Seperti diketahui, jika dinyatakan lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, maka menedapatkan manfaat bantuan pelatihan adalah sebesar Rp1.000.000.

'
Artikel Asli