Ada Satgas Percepatan Digitalisasi Daerah, Ini Tugasnya

Ekonomi | okezone | Published at Senin, 05 April 2021 - 12:59
Ada Satgas Percepatan Digitalisasi Daerah, Ini Tugasnya

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan peluncuran Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD). Di mana berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2021.

Pembentukan Satgas P2DD memiliki tujuan mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah. Lebih spesifiknyak untuk mendorong implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD). Ini dibutuhkan untuk meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, perbaikan tata kelola, dan integrasi sistem pengelolaan keuangan daerah, bahkan ujungnya akan menggenjot pendapatan daerah.

"Kemudian juga mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital di masyarakat demi keuangan yang inklusif," ujar Perry dalam FEKDI 2021 di Jakarta (5/4/2021).

Lebih lanjut pihaknya juga melakukan penguatan koordinasi antara Pusat dan Daerah. Bahkan di level daerah juga dibentuk TP2DD, baik untuk tingkat Provinsi, Kabupaten maupun Kota yang diketuai oleh Kepala Daerah.

Terkait TP2DD, BI di Kantor Pusat maupun di seluruh Kantor Perwakilan BI di 34 provinsi mendukung sepenuhnya langkah-langkah mensukseskan pelaksanaan tugas TP2DD.

"Jumlah TP2DD yang telah terbentuk sebanyak 135 baik di tingkat Provinsi maupun Kotamadya/Kabupaten di seluruh Indonesia," katanya.

Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2021 disebut sebagai langkah konkrit mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan efisien, baik di pusat maupun di daerah.

BI bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) bersama Kementerian/Lembaga, asosiasi dan pelaku industri menyelenggarakan acara tersebut.

Artikel Asli