Epson Ubah Masa Depan Industri Garmen

Ekonomi | lombokpost | Published at Senin, 05 April 2021 - 09:20
Epson Ubah Masa Depan Industri Garmen

JAKARTA-Industri tekstil dan pakaian selalu memaikan peranan penting untuk membentuk suatu budaya yang beragam. Kesuksesan industri ini sangat dipengaruhi kreativitas pelakunya. Mereka tidak hanya memproduksi desain yang unik, tetapi juga mengembangkan cara produksi dan operasi untuk memanfaatkan peluang juga penting.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi melalui digitalisasi percetakan tekstil. Untuk itu, printer Epson pun hadir menjadi solusi yang tepat menjawab kebutuhan tersebut. ”Selama bertahun-tahun, Epson telah memanfaatkan pengalaman dan keahliannya untuk mengembangkan produk seperti printer tekstil digital yang membantu pebisnis menjalankan bisnisnya secara lebih efisien, produktif, dan dengan dampak negatif yang lebih kecil,” ujar Head of Marketing Division Epson Indonesia Riswin Li.

Tinta Epson untuk printer dye-sublimation dan direct-to-garment (DTG) sudah mendapatkan sertifikasi Eco Passport oleh Oeko-Tex. Eco Passport adalah sistem sertifikasi keamanan dunia tempat produk tekstil diuji untuk melihat zat berbahaya di dalamnya. Dengan melakukan pencetakan tekstil digital yang menggunakan teknologi Epson, konsumen bisa menghemat air sampai 90 persen.

Termasuk menghemat energi yang dikonsumsi sampai 30 persen. Hal ini tentu akan mengurangi biaya operasional dan dampak buruk kepada lingkungan serta membuat bisnis  lebih produktif. ”Hal ini merupakan bukti nyata dari standar kualitas Epson yang aman dan berkelanjutan untuk lingkungan,” jelasnya.

Selanjutnya adalah SureColorTM F-Series Epson yang mampu melakukan kustomisasi massal yang lebih singkat. Seri ini memiliki printhead PrecisionCore TFP revolusioner dari Epson yang dianggap sebagai salah satu teknologi inkjet tercepat di dunia. Dengan pencetakan tekstil digital, konsumen dapat mengakomodir permintaan pengiriman mendadak dengan waktu yang lebih singkat. Hal ini tentu saja menguntungkan para pelaku industri tekstil dan garmen.

Printer tekstil digital Epson didukung oleh printhead PrecisionCore dengan elemen piezo yang dapat mendiagnosis diri sendiri. Artinya, bisnis yang menggunakan teknologi Epson untuk pencetakan tekstil digital tidak perlu mengkhawatirkan perawatan berkala. Karena printer ini dapat diandalkan dan lebih hemat biaya.

”Semakin banyak perusahaan menyadari pencetakan digital mempengaruhi biaya produksi dan operasional dengan menggunakan lebih sedikit listrik, air, dan bahkan sumber daya manusia daripada pencetakan analog tradisional,” imbuhnya.

Beralih ke digital benar-benar memberikan kebebasan berkreasi tanpa batas. Epson F-Series memberikan kebebasan berkreasi bagi desainer dengan kualitas pencetakan terbaik. Itu karena mampu memberikan hasil akhir warna yang lebih hidup.

Dari pencetakan CMYK dasar hingga kebutuhan cetak dengan warna menyala, F-Series Epson dapat menghasilkan variasi warna yang luas dengan nuansa yang dicetak secara lebih akurat, mencerminkan kecerdikan dan keunikan para desainer.

”Konsumen bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai printer tekstil melalui website resmi Epson epson.co.iddan blog atau hubungi diler resmi Epson setempat,” imbuhnya. (*/eka/r9)

Artikel Asli