15 Cara Menghasilkan Uang untuk Anak SMK atau STM

15 Cara Menghasilkan Uang untuk Anak SMK atau STM

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:36
share

JAKARTA - Ketahui 15 cara menghasilkan uang untuk anak SMK atau STM menjadi informasi penting. Banyak cara untuk menghasilkan uang tetapi tidak mengganggu pendidikan.

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentu memiliki segudang keahlian yang sangat berguna untuk mencari uang. Sebagai siswa SMK sebagainya memanfaatkan keahlian yang dimiliki.

Berikut 15 cara menghasilkan uang untuk anak SMK atau STM melansir berbagai sumber:

1. Fotografer amatir

Memiliki minat dalam bidang fotografi bisa menawarkan jasa pemotretan untuk acara kecil seperti pesta ulang tahun atau reuni sekolah. Buatlah portofolio hasil foto di sosial media maka customer akan berdatangan.

2. Desain grafis

Selain itu juga bisa membuka jasa desain grafis. Menjadi seorang desain grafis tidak memerlukan banyak modal yang terpenting memiliki kreatifitas. Dengan begitu dapat membuat logo, brosur, spanduk, dan sebagainya.

3. Penulis bayaran atau freelance

Menjadi seorang penulis sangat menguntungkan. Di era digital seperti saat ini banyak brand membutuhkan seorang penulis untuk mempublikasikan konten mereka.

4. Part time di kafe

Selanjutnya pekerjaan part time di kafe bisa menjadi pilihan jika tidak memiliki banyak waktu. Dalam sebulan bisa mendapatkan Rp1 juta sampai Rp1,5 juta tergantung kebijakan kafe.

5. Mengasuh anak (babysitter)

Orangtua bekerja tentunya sangat membutuhkan jasa pengasuh anak atau babysitter. Mengasuh anak terutama anak diatas tiga tahun memang cukup tricky. Meski begitu mereka tidak terlalu bergantung kepada orang dewasa.

6. Menjual kerajinan tangan

Anak SMK atau STM terkenal dengan kreatifitasnya. Mereka dapat memuat kerajinan tangan bernilai jual tinggi seperti perhiasan, dekorasi rumah, bunga dan lainnya. Setelah itu menjualnya melalui platform belanja online.

7. Les privat

Membuka jasa les privat merupakan cara untuk menghasilkan uang untuk anak SMK atau STM. Hanya saja anak SMK harus memiliki keahlian pada pelajaran tertentu seperti matematika, fisika, atau bahasa Inggris.

8. Jasa memperbaiki elektronik

Memiliki pengetahuan dalam bidang elektronik tidak ada salahnya menawarkan jasa perbaikan barang elektronik kepada warga sekitar. Pastikan keahlian sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

9. Katering kecil-kecilan

Bagi anak SMK jurusan tata boga bisa membuat katering kecil-kecilan seperti pesta ulang tahun atau acara keluarga. Katering makanan dapat menjadi bisnis panjang yang menjanjikan.

10. Menjahit pakaian

Pekerjaan ini cocok untuk anak SMK atau STM jurusan tata busana. Menerima pesanan untuk memperbaiki atau menyesuaikan pakaian orang lain dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

11. Berjualan pulsa dan kuota internet

Berjualan pulsa dan kuota internet dapat menjadi pekerjaan sampingan anak SMK. Banyak anak SMK atau STM memilih bisnis ini karena tidak perlu membuka konter.

12. Menjadi reseller produk

Menjadi reseller produk seperti fashion, kosmetik, atau aksesoris adalah cara lain untuk menghasilkan uang bagi anak SMK. Cukup bekerja sama dengan produsen atau supplier maka dapat menjual produk tersebut dengan keuntungan.

13. Pegawai toko

Pekerjaan lainnya yang bisa menambah penghasilan adalah menjadi pegawai toko. Dengan menjaga toko memberikan banyak pengalaman terkait bisnis ritel.

14. Driver online

Memiliki kendaraan pribadi ke sekolah bisa memanfaatkannya dengan menjadi driver online. Pekerjaan ini bisa dilakukan setelah pulang sekolah. Pastikan memiliki SIM dan mengerti rute perjalanan.

15. Berjualan makanan ringan

Makanan ringan sangat populer beberapa waktu terakhir seperti keripik tempe, bakso goreng dan lainnya. Kemudian bisa menjualnya di sekolah atau sekitar lingkungan untuk menambah penghasilan.

Demikian 15 cara menghasilkan uang untuk anak SMK atau STM.

Topik Menarik