5 Tanda Pasanganmu Seorang Perfeksionis, Baik atau Buruk?

5 Tanda Pasanganmu Seorang Perfeksionis, Baik atau Buruk?

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 17:03
share

GenPI.co - Perfeksionis merupakan sebutan bagi orang-orang yang menginginkan standar tinggi dan sempurna untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Biasanya, seorang perfeksionis mengharapkan kesempurnaan dari diri sendiri maupun orang lain berdasarkan standar yang tinggi menurut keinginannya.

Walau pun terlihat keren, tetapi perfeksionisme tidak selalu bisa dianggap sebagai karakteristik positif.

Pasalnya, sifat ini justru biasanya didorong oleh ketakutan akan kegagalan menyenangkan diri sendiri atau pasangan .

Jika kamu atau pasanganmu merupakan orang perfeksionis, biasanya ingin selalu menjadi orang yang sempurna.

Berikut 5 tanda yang menunjukkan kamu atau pasanganmu merupakan seorang yang perfeksionis seperti dikutip dari situs Walden University pada Sabtu (10/6/2023):

1. Harus menjadi yang terbaik dari orang lain

Salah satu tanda yang menunjukkan kamu atau pasanganmu merupakan seorang yang perfeksionis, yakni merasa harus menjadi yang terbaik dari orang lain.

Perlu diketahui, bahwa untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri merupakan hal yang baik.

Akan tetapi, jika kamu atau pasanganmu merasa harus selalu menjadi yang nomor satu, bisa jadi itu merupakan tanda seorang perfeksionis.

2. Berusaha sempurna

Salah satu tanda yang menunjukkan kamu atau pasanganmu merupakan seorang yang perfeksionis, yakni berusaha sempurna untuk segala hal.

Saat kamu atau pasanganmu selalu berusaha melakukan terbaik, sebenarnya merupakan sikap yang positif, khususnya dalam bekerja.

Akan tetapi, ketika beberapa kesalahan kecil saja membuat kamu sangat tertekan dan overthinking, hal tersebut merupakan salah satu ciri khas perfeksionis.

3. Sulit menerima saran dan kritik

Salah satu tanda yang menunjukkan kamu atau pasanganmu merupakan seorang yang perfeksionis, yakni sulit menerima saran dan kritik.

Perlu diketahui, bahwa kritik yang membangun tetap diperlukan agar bisa menjadi lebih baik.

Namun, bagi seorang perfeksionis, biasanya akan sulit membedakan komentar jahat dan kritik membangun, sehingga keduanya sama-sama tidak bisa diterima dengan baik.

4. Butuh pengakuan

Salah satu tanda yang menunjukkan kamu atau pasanganmu merupakan seorang yang perfeksionis biasanya akan butuh pengakuan.

Perlu diketahui, ciri orang perfeksionis biasanya tidak cukup hanya merasa sempurna, perfeksionis juga butuh pengakuan dari orang lain bahwa dirinya memang sempurna.

Oleh sebab itu, jika kamu atau pasangan lebih fokus dengan penilaian orang lain ketimbang kinerja kamu sendiri, bisa jadi sikap perfeksionis dalam dirimu sudah memberikan pengaruh yang buruk.

5. Terlalu kritis terhadap orang lain

Salah satu tanda yang menunjukkan kamu atau pasanganmu merupakan seorang yang perfeksionis, yakni selalu kritis terhadap orang lain.

Perlu diketahui, bahwa meski tidak suka dikritik, seorang perfeksionis justru senang mengomentari dan menghakimi orang lain.

Pasalnya, hal tersebut karena didasari keinginannya untuk menjadi yang terbaik.

Oleh sebab itu, untuk mewujudkannya, orang yang perfeksionis berusaha menjatuhkan citra diri orang lain demi mengangkat citra diri sendiri. ( HelloSehat )

Video viral hari ini:

Topik Menarik